Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII dalam penyelesaian soal cerita matematika berdasarkan kemampuan matematika tinggi

Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu fluency, flexibility, dan novelty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII dalam penyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kemampuan matematika tinggi. Berpikir kreatif dapat dilihat melalui penyelesaian soal cerita. Tahapan penyelesaian soal cerita sesuai dengan pemecahan masalah menurut Polya ada 4 tahap, yaitu: memahami soal, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan soal sesuai rencana, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas VIII yang selanjutnya dengan teknik purpossive dipilih 1 subjek dengan kemampuan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan matematika, tes soal cerita matematika, dan pedoman wawancara. Teknik anlisis data meliputi reduki data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi aspek kefasihan, fleksibelitas dan kebaruan. 

Full Text:

PDF

References


Aini, Purwanto, dkk. (2016). Proses Koneksi Matematika Siswa Berkemampuan Tinggi dan Rendah dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 3, Maret 2016. EISSN: 2502-471X.

Depdiknas .(2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Grieshober, W. E. (2004). Continuing a Dictionary of Creativity Terms and Definition. New York: International Center for Studiesin Creativity State University of New York College at Buffalo.

Kattou, dkk. (2011). Does Mathematical Creativity Differentiate Mathematical Ability? Departement of Education: University of Cyprus.

Khasanah, Ummi. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Artikel publikasi ilmiah: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Marlina, Leni. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegipanjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 1 No. 1 September 2013.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mufidah, Imroatul. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa di Kelas VII SMPN 1 Driyorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2.

Pehkonen, Erkki. (1997). The State of Art in Mathematical Creativity. Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X.

Richardo, Mardiyana, dkk. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2 No. 2. ISSN: 2339-1685.

Sriraman, Bharath. (2004). The Characteristics of Mathematical Creativity. The Mathematics Educator. Vol 4. No. 1. 19-34.

Subarinah, Sri. (2013). Profil Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematik Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Prosiding pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, ISBN: 978-979-16353-9-4.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.9189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats