Strategi belajar overlearning menggunakan media edmodo dapat meningkatkan motivasi belajar biologi peserta didik
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan motivasi belajar biologi peserta didik yang diajar dengan penerapan strategi belajar overlearning yang menggunakan media edmodo dengan tanpa menggunakan media edmodo di kelas XI MIA SMA Negeri 9 Sinjai. Penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi eksperimental design), ini menggunakan the static comparasion group design. Sampel berjumlah 29 peserta didik kelas XI MIA 3 di kelas eksperimen dan sebanyak 29 peserta didik kelas XI MIA 4 di kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar biologi yang diajar dengan menerapkan strategi belajar overlearning menggunakan media edmodo dengan peserta didik yang diajar dengan menerapkan strategi belajar overlearning tanpa menggunakan media edmodo. Rata-rata motivasi belajar yang diajar dengan menerapkan strategi belajar overlearning dengan menggunakan media edmodo lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan menerapkan strategi belajar overlearning tanpa menggunakan media edmodo sehingga motivasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan penerapan strategi belajar overlearning melalui media edmodo.
Kata kunci: media edmodo; motivasi belajar; strategi belajar overlearning
ABSTRACT
Overlearning strategies using edmodo media can increase the motivation of students in learning biology
This study aims to examine the differences in biology learning motivation of students who were taught by applying the overlearning learning strategy using Edmodo media and students who were taught without using Edmodo media in class XI MIA SMA Negeri 9 Sinjai. This quasi-experimental quasi-experimental research used the comparison group design. The sample consisted of 29 students of class XI MIA 3 in the experimental class and 29 students of class XI MIA 4 in the control class. The instrument of the research was a learning motivation questionnaire. Data were analyzed using an independent sample t-test. The results showed there is a difference in the motivation of the students who were taught by applying the overlearning learning strategy using Edmodo media and the students who were taught without using Edmodo media. Learning motivation taught by applying overlearning learning strategies using Edmodo media higher than without using Edmodo media. It concluded that the students learning motivation can be improved by implementing overlearning learning strategies with Edmodo media.
Keywords: edmodo media; learning motivation; overlearning learning strategy
Full Text:
PDFReferences
Achadah, A. (2019). Strategi Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Nahdhotul Ulama Sunan Giri Kepanjen Malang. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 363-374. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.379
Aulia, L N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org10.21831/jipi.v5i1.18707
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064
Enwere, J. O., & Okeke, B. (2020). Effect of using edmodo on students ’ retention in financial accountingin secondary schools. Nnadiebube Journal of Education, 5(3). https://acjol.org/index.php/njea/article/ view/510/545
Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran e-learning berbantuan media pembelajaran edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. NUMERICAL. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31-42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453
Hasryana, S. (2019). Pengaruh penerapan strategi belajar overlearning melalui media quipper school terhadap hasil belajar dan retensi Biologi peserta didik pada konsep Kingdom Animalia. (Master thesis, Universitas Negeri Makassar). Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/12545/
Hastomo, T. (2016). The effectiveness of edmodo to teach writing viewed from students ’ motivation. Prosiding ICTTEFKIP UNS, 1(1), https://media.neliti.com/media/publications/171783-EN-the-effectiveness-of-edmodo-to-teach-wri.pdf
Hidayati, A. (2019). Pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa pada tema 1 subtema 1 kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa TA 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36822
Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PendidikanManajemen Perkantoran, 1(2), 78-85. https://doi.org/10.17509/ jpm.v3i1.9459
Jahara, J., Setiadi, A. E., & Kurniawan, A. D. (2019). Analisis peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di MTS Negeri 1 Pontianak. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 8(1), 18-31. https://dx.doi.org/10.29406/jpk.v8i1.1777
Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Yogyakarta. Deepublish.
Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2): 379–87. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.276
Kostina, M. (2020). Motivation to learn english: The power of the future L2 self-images. University of Jyväskylä. https://jyx.jyu.fi/handle/123456789/69039
Lamb, M., & Arisandy, F. E. (2020). The impact of online use of english on motivation to learn. Computer Assisted Language Learning 33(1-2), 85-108. https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1545670
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu 25(2): 101-109. https://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611
Nofindra, R. (2019). Ingatan, lupa dan transfer dalam belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(1), 21-34. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/188
Putri, S. R., Wahyuni, S., & Suharso, P. (2018). Penggunaan media pembelajaran edmodo untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 108-114. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6455
Qori'ah, M. (2015). Pengaruh motivasi dan gaya belajar siswa terhadao kreativitas dalam menyelesaikan masalah matematika pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung (Skripsi, IAIN Tulungagung). Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1767/
Rosyidah, Kartini, T., & Kantun, S. (2019). Penggunaan media edmodo untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 13(2), 78–84. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10878
Royani, I., Falahudin, I., & Testiana, G. (2018). Pengaruh media edmodo sebagai basis e-learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 30–34. https://doi.org/10.19109/ bioilmi.v4i1.1734
Rulviana, V. (2018). Implementasi media edmodo dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361
Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4). http://www.jim.unsyiah.ac.id/ pgsd/article/view/7736
Setyono, E. Y. (2017). Pengaruh penggunaan media jejaring sosial edmodo terhadap hasil belajar mahasiswa pada topik pembuatan kurva-s menggunakan Microsoft Excel. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 42. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/226
Soderstrom, N. C., & Bjork, R. A. (2015). Learning versus performance: An integrative review. Perspectives on Psychological Science, 10(2): 176–99. https://doi.org/10.1177/1745691615569000
Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Telehala, N., & Purba, J. (2020). Strategi belajar siswa Kelas VI untuk menghadapi ujian akhir sekolah (UAS) pada SDN 3 Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Didaxei: Jurnal Pendidikan, 1(1). https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/173
Tentama, F., & Arridha, G. (2020). Motivation to learn and employability of vocational high school students. Journal of Education and Learning, 14(2), 301-306. http://dx.doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.14170
Wirawan, R. P., & Sulistiyo, E. (2020). Pengembangan perangkat media pembelajaran interaktif berbasis adobe animate pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/35635
Yunandar, Y., Jufri, M., & Bahri, A. (2018). Perbandingan motivasi dan retensi siswa kelas X melalui penerapan strategi belajar overlearning dan retrieval practice di SMA Negeri 3 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. http://eprints.unm.ac.id/10786/
DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v10i1.7176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
toto macau
Toto Togel