BioDigital human: Media pembelajaran di era new normal
Abstract
ABSTRAK
Media digital 3D berperan penting sebagai sarana bagi siswa untuk membangun pengetahuan pada pembelajaran jarak jauh. BioDigital Human merupakan aplikasi yang telah ada sejak lama, namun belum banyak digunakan oleh guru di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap platform BioDigital Human dalam pembelajaran biologi pokok bahasan anatomi tubuh manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Instrumen penelitian berupa angket persepsi terhadap BioDigital Human yang terdiri dari 5 aspek yaitu aspek ketertarikan, aspek rasa senang, aspek motivasi, aspek pemahaman dan aspek keinginan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil secara acak yang diperoleh dari 100 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Parakan. Hasil penelitian diperoleh pada aspek ketertarikan rerata respon sebesar 77%, aspek rasa senang sebesar 74%, aspek motivasi sebesar 75%, aspek pemahaman sebesar 79%, aspek keinginan sebesar 77%. Rerata respon siswa dari keseluruhan aspek terhadap platform BioDigital Human termasuk dalam kategori kuat. Rata-rata siswa tertarik, senang, dan semangat belajar. Kendala yang ditemukan dalam penggunaan BioDigital Human bagi siswa terdapat beberapa materi berbayar sehingga tidak dapat diakses dan materi disajikan dalam bahasa Inggris. Siswa mempunyai keinginan guru menggunakan BioDigital Human. Platform BioDigital Human memudahkan siswa memahami konsep abstrak dalam pembelajaran biologi.
Kata Kunci: BioDigital Human; media pembelajaran; persepsi
ABSTRACT
BioDigital Human: Learning media in the new normal era. Three dimensional (3D) digital media plays a vital role in building the knowledge of students. BioDigital Human is an application that has been around for a long time but has not been widely used by teachers in Indonesia. This study aims to determine students' perceptions of the BioDigital Human platform in learning biology on human anatomy. The research method uses descriptive quantitative with a survey approach. The research instrument is a perceptual questionnaire on BioDigital Human consisting of 5 aspects, aspects of interest, aspects of pleasure, aspects of motivation, aspects of understanding, and aspects of desire. The data analysis technique used was descriptive quantitative analysis. The research sample was taken randomly from 100 students of class XI MIPA SMA Negeri 1 Parakan. The BioDigital Human platform perception obtained in the aspect of interest was 77 %, aspect of pleasure was 74 %, aspect of motivation was 75 %, aspect of understanding was 79 %, aspect of desire was 77 %. The average student response from all aspects to BioDigital Human are in strong category. On average, students are interested, happy, and eager to learn. Students have the teacher's desire to use BioDigital Human. The BioDigital Human platform makes it easy for students to understand abstract concepts in biology learning. Problems found in using BioDigital Human for students are that some paid materials are not accessible, and the material is presented in English
Keywords: emotional intelligence; learning outcomes; naturalist intelligence
Full Text:
PDFReferences
Alsanaky, H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Kaukaba. Yogyakarta
Anidityas, N. A., Utami, N. R., & Widiyaningrum, P. (2012). Penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia pada kualitas belajar siswa SMP kelas VIII. USEJ - Unnes Science Education Journal, 1(2), 61–69. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/865
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Yogyakarta.
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in Covid-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491-507. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Satu Nusa. Trenggalek.
Dinata, Y. N. (2013). Penggunaan media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa teknik gambar bangunan SMKN 1 Seyegan pada mata pelajaran menggambar dengan Autocad [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21667
Empson, R. (2013). Google earth meets the body: BioDigital gets $4M to bring its 3-D, virtual anatomy & health platform to every browser. https://techcrunch.com/2013/09/24/google-earth-meets-the-body-biodigital-gets-4m-to-bring-its-free-3-d-virtual-body-platform-to-every-browser/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). (4 Tahun 2020). DKI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=2163
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia. Bogor.
Pranoto, E., Sanjoto, T. B., & Suroso, S. (2017). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis visual digital pada pelajaran geografi Kelas XI IPS di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Edu Geography, 5(1), 39-47. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/13748
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, P. B. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Qualter, J., Sculli, F., Oliker, A., Napier, Z., Lee, S., Garcia, J., Frenkel, S., Harnik, V., & Triola, M. (2012). The biodigital human: a web-based 3D platform for medical visualization and education. Studies in health technology and informatics, 173, 359-361. http://europepmc.org/abstract/MED/22357018
Richards, D., & Taylor, M. (2015). A Comparison of learning gains when using a 2D simulation tool versus a 3D virtual world: An experiment to find the right representation involving the Marginal Value Theorem. Computers & Education, 86, 157-171. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.03.009
Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Sudrajat, A. K., Ramdan, B., & Juhanda, A. (2019). Penggunaan media pembelajaran tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMP pada materi sistem eksresi. Jurnal Utile, 5(2), 179–187. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/616/293
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suhermiati, I., Sifak, I., & Rahayu, Y. S. (2015). Analisis miskonsepsi siswa pada materi pokok sistesis protein ditinjau dari hasil belajar biologi siswa. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 985-990. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13429
Syahputra, D. (2017). Pengaruh kemandirian belajar dan bimbingan belajar terhadap kemampuan memahami jurnal penyesuaian pada siswa SMA Melati Perbauangan. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368-388. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/1227
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Umam, K. (2013). Penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi Batik kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 100-105. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/9788
DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
toto macau
Toto Togel