TRANSFORMASI SOCIAL SCIENCES PADA KURIKULUM NASIONAL (Studi Historis Mapel IPS Jenjang SD, SMP, dan SMA)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwasilah, A. C. (2012). Konsep dan Makna Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Anas, S. (2007). Kebijakan Pendidikan Nasional: Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Pengembangan Bahan Ajar IPS di SMP. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Djajasudarma, T. F. (2008). Ilmu Sosial, Pendidikan Sosial, dan Pembelajaran Sosial: Suatu Landasan Pemikiran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Firman, H., & Tilaar, H. A. R. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan: Konsep, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Hadi, S. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Mardapi, D. (2010). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Mukhlis, I. (2014). Pembelajaran IPS: Antara Keterpaduan dan Pembiasaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryana, Y. (2017). Pendidikan IPS: Antara Pendidikan Karakter dan Problem Based Learning. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suparno, P. (2010). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A., & Parta, I. N. (2011). Pengembangan Kurikulum IPS. Yogyakarta: UNY Press.
Tilaar, H. A. R. (2012). Ilmu Pendidikan: Teori dan Praktik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Winataputra, U. S. (2011). Pembelajaran IPS yang Menyenangkan dan Menantang. Bandung: PT. Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.26877/civis.v12i2.16395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)