IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 14 SEMARANG
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arina dkk. (2023). “Penerapan Strategi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist”. Journal on Education. 5 (3) 9164-9172.
Arisandi, W. F dkk. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learnig Berbantuan Media Timeline Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Mipa 5 SMAn 2 Banda Aceh. JIMPS : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 8 (2) 5517-5518)
Fitriani, M. (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stand Untuk Meningkatan Partisipasi Dan Prestasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Pagar Alam”. Jurnal ilmiah teknologi pendidikan. 11 (2) 279-280.
Hasibuan, T. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Di Kelas XI MIA02 SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Ajaran 2021-2022. Jurnal ESTUPRO. 6 (3). 18-19
Hesti, F. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MIA 3 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/ 2019 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru”. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3 (2) 762-763.
Hotimah, H.(2020). “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Edukasi. 7 (3) 5-6.
Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 entang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Kosilah & Septian. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Inovasi Penelitian. 4 (6) 1139-1140.
Sardiman. (2018). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT raja grafindo persada.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Yasa, P. A. E. M & Bhoke, W . (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil belajar Matematika Pada Siswa SD”. Journal of Education Technology. 2 (2) 70-75.
DOI: https://doi.org/10.26877/civis.v13i1.17564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)