PENGUATAN BUDAYA LOKAL: IMPLEMENTASI EXTRAKULIKULER MELALUI SENI TARI DI SMP PGRI 2 SINGOSARI MALANG
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afiqoh, N., Atmaja, H. T., & Saraswati, U. (2018). Penanaman Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 42-53.
Afriadi, P. (2018). Multikultur dan Pendidikan Karakter Kesenian DIDONG Pada Masyarakat Gayo Kabupaten Aseh Tengah. (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(1), 15-23.
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globaliasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (2), 50-63.
Erniasari, et al (2024). Penguatan Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Seni Budaya Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Universitas Pasundan. Vol. 9 No. 1 (2024): Volume 09 No. 01 Maret 2024.
Firdaus et al, (2023). Pembelajaran Berbasis Budaya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Educatio Universitas Majalengka Vol. 9 No. 1 (2023).
Hendrawan, J. H., Halimah, L., & Kokom. (2022). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui Tari Narantika Rarangganis. BASICEDU, 6(5), 7979-7983.
Ida Bagus Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1), 9-16.
Karsidi, R. (2017). Budaya Lokal Dalam Liberisasi Pendidikan. Journal of Society & Media, 1(2), 19-34.
Moleong, L. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurlaili, et al (2024). Internalisasi Penguatan Karakter Siswa Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Kegiatan Ektrakulikuler Seni Tari Tradisional (Studi Kasus di SMPN 6 dan SMPN 4 Banda Aceh). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024.
Putri, A. M., Guspiati, S., Arta Wiguna, I. B., Fajrianti, Septiani, S., Ayuni, R., Rahyasih, Y. (2023). Manajemen Peserta Didik. Banten: PT SADA KURNIA PUSTAKA.
Rahmawati, N. D., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya Pelestarian Budaya Melalaui Ekstrakulikuler Seni Tari Di SD Negeri Kepuharjo. Jurnal Ilmiah PGSD, 9(3), 1686-
Ruyadi, Y. (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education, (pp. 576-592). Bandung.
Salamah, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Membatik Di SD Negeri Mendiro. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3489-3498.
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120-141.
Susanti, Y. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Persembahan Melayu Riau Di SMPN 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Universitas Islam Riau.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh , H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA KORPRI BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963-969. Yuni Sri Lestari, Y. S. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri 1 TRIRENGGO Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 38-4.
DOI: https://doi.org/10.26877/civis.v13i2.18781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)