DESAIN PADEPOKAN KARAKTER DENGAN TEKNIK“BEL BECAK” UNTUK PENGEMBANGAN SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 LASEM TAHUN 2018
Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini pertama adalah adanya kesulitan ataupun kendala yang dirasakan oleh tenaga pendidik serta ada hasrat atau keinginan untuk mengembangkan sejumlah nilai karakter yang ditampilkan dalam silabus, kedua adalah kajian terhadap karakter yang telah tertuang dalam silabus sering tidak terakomodasi, ketiga ketidak tuntasan dalam melakukan evaluasi, akibat dari kelemahan dan kekurangan tersebut, terjadi kekurang cermatan dan kekurangfokusan terhadap pengembangan karakter.
Dari latar belakang masalah yang ada, kemudian dirumuskan beberapa permasalahan yang harus diteliti yaitu : Bagaimana desain padepokan karakter dengan teknik “bel becak” untuk pengembangan sikap disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik SMA Negeri 1 Lasem tahun 2018, Bagaimana cara mengembangkan desain padepokan karakter dengan teknik “bel becak” untuk pengembangan sikap disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik SMA Negeri 1 Lasem tahun 2018, Desain padepokan karakter dengan teknik “bel becak” yang seperti apakah yang efektif untuk pengembangan sikap disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik SMA Negeri 1 Lasem tahun 2018, Seberapa besar pemahaman sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik SMA Negeri 1 Lasem sebelum dan sesudah pemanfaatan desain padepokan karakter dengan teknik “bel becak”.
Tujuan penelitian ini adalalah untuk mengetahui dan mencari jalan keluar terhadap masalah yang dikemukakan diatas.
Kerangka berfikir mengacu pada tahapan pendahuluan yang terdiri-dari studi literatur, studi lapangan tentang padepokan karakter, deskripsi dan analisis hasil temuan. Kemudian pada tahapan pengembangan yang berdasarkan pada penyusunan desain padepokan karakter, penyusunan perangkat model, uji coba terbatas, evaluasi dan perbaika, selanjutnya uji coba dalam skala yang lebih luas. Evaluasi dan penyempurnaan dan model hipotesis, Tahapan Validasi yaitu implementasi model dan model final.
Hipotesis produk yaitu dugaan sementara adalah ada pengaruhnya sikap disiplin dan tanggung jawab siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan desain padepokan karakter dengan teknik bel becak, Diduga adanya perbedaan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan desain padepokan karakter teknik bel becak.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Menyusun rancangan penelitian mengacu pada teori Borg and Gal l (1983), Populasi dan sampel seluruh siswa kelas XII dengan jumlah 276 siswa dan sampel kelas XII MIPA 3 dengan jumlah 34 siswa dengan alasan bahwa nilai siswa pada kelas tersebut penyebaran hasilnya rata-ratanya mendekati sama dibuktikan, nilai rata-rata kelas tersebut. Kompetensi sikap kelas XII MIPA 3 rata-rata baik, mencerminkan sikap disiplin dan tanggung jawab yang baik pula.
Teknik Pengumpulan Data, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, angket, tes pemahaman sikap serta wawancara.
Instrumen Penelitian ini menggunakan Lembar Observasi atau lembar pengamatan yang dilakukan oleh peneliti atau guru, berupa lembar Soal tes pemahaman sikap yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang disusun atau di buat oleh peneliti, Angket yang diisi oleh siswa, antar teman, orang tua, Wawancara dengan Orang tua dengan menggunakan teknik rekaman audio/suara.
Kesimpulan dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika dilakukan uji korelasi
ρ tabel
=
0.478
taraf signifikan 1%
ρ hitung
=
0.499
(lebih besar)
dengan hasil tersebut menunjukkan "pemahaman siswa tentang sikap disiplin dan tanggung jawab berpengaruh terhadap penerapan sikap disiplin dan tanggungjawab siswa" kemudian dilakukan uji T dependen untuk mengukur perbedaan sikap siswa sebelum dan sesudah uji coba desain, yang hasilnya dibawah ini.
t hitung=
2.466
t tabel=
2.457
dk=0.01
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v8i2.4653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 CIVIS
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)