FILSAFAT MANUSIA SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN HUMANIS

Supriyono Purwosaputro, Agus Sutono

Abstract


Realitas situasi eksistensial manusia berbeda dengan makhluk lain yang lahir atau “ada” (being) yang akan sekaligus bisa “menjadi” (becoming) sesuai “ada”-nya, manusia lahir tidak sekaligus bisa menjadi manusiawi. Kemanusiawian manusia harus diupayakan melalui proses pendidikan yang oleh Driyarkara dikatakan sebagai proses hominisasi dan humanisasi yang juga merupakan proses pemanusiaan manusia muda. Sifat kemanusiawian manusia merupakan ciri khas eksistensial diri manusia. Dalam kaitan itu, proses pendidikan semestinya bertolak dari konsep jati diri manusia seperti apa yang hendak dikembangkan pada diri manuia sebagai subjek didik. Pemahaman konsep manusia merupakan hal penting dalam pendidikan, karena pendidikan semestinya berpijak pada asumsi tentang manusia itu sendiri. Filsafat manusia atau antropologi metafisik menjadi penting bagi manusia dalam upaya memahami esensi dan eksistensi manusia dengan segala dimensinya, karena filasafat manusia merupakan proses refleksi rasional mengenai persoalanpersoalan mendasar manusia. Analisis dalam tulisan ini sampai pada kesimpulan:(1) Filsafat manusia merupakan upaya manusia merenungkan diri dan lingkuannya yang dilakukan secara intensif dan ekstensif, sehingga diperoleh pemahaman yang menyeluruh dan utuh tentang siapakah diri manusia itu, bagaimana posisi eksistensinya dalam dunia, bagaimana menjadi manusia, kemana arah hidupnya.(2). Pendidikan humanis didasarkan pada pemikiran filsafat manusia, senantiasa mengarahkan dan menjalankan proses komunikasi antar subjek didik (pendidik dan peserta didik) dengan mengedepankan kesama derajatan sebagai persona manusia.(3). Antropologi matafisik Pancasila memberikan gambaran “idea of man” atau manusia fundamental Pancasila, senantiasa dijadikan landasan filosofis bagi penyelenggaran pendidikan humanis yang memperko-koh jati diri manusia Indonesia.

 

Kata kunci : filsafat manusia, dimensi manusia, eksistensi,pendidikan humanis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/civis.v10i1.8163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 CIVIS



Creative Commons License
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)


.