ANALISIS KARYA KOLASE DENGAN POLA GAMBAR ULAT DAN KUPU-KUPU SD N GAYAMSARI 02 SEMARANG

Anggi Arum Sabandini, Ari Widyaningrum, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil karya kolase siswa kelas IV SD N Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif, karena peneliti mengamati, menganalisis, dan menafsirkan suatu objek yang akan di teliti guna menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang digunakan untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil karya kolase siswa kelas IV SD N Gayamsari 02 Semarang yang berjumlah dua puluh tiga siswa dengan gambar ulat dan kupu-kupu dibuat dari berbagai biji-bijian, hasil karya kolae siswa tersebut sudah banyak yang menghasilkan karya kolase yang bagus indah dan menarik, namun ada beberapa siswa yang belum bisa memenuhi ketuntasan dikarenakan hasil karya siswa masih kurang rapi, cara memadukan warna kurang bagus, dan teknik tempelnya kurang rapi, maka siswa perlu berlatih kesabaran dan percaya diri dalam mengembangkan ide yang dimiliki. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah siswa hendaknya meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kreativitas dalam berkarya kolase, saat mengerjakan siswa lebih bersabar dan teliti. Guru hendaknya memberikan tugas kepada siswa untuk menggambar konsep terlebih dahulu, lalu siswa berkolase menempelkan bahan yang sudah disiapkan, sehingga hasil karya kolase siswa beragam dan tingkat kreativitas siswa lebih meningkat.


Full Text:

PDF

References


Altaftazani, D., Rahayu, G., & Arga, H. 2019. Increasing Student Ecological Intelligence Through Making Collage Made from Waste. 370, 47–5.

Anwar, dkk. 2018. Kolase Barang Bekas Untuk Kreativitas Anak (Taman Kanak-kanak Nurul Taqwa Makassar). Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018 hal 53-62. Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan Makassar.

Anysawati, N. 2020. Analisis Karya Rupa Imajinatif Pada Materi Teknik Kolase Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Avisha, V. D. 2018. Analisis Hasil Gambar Imajinatif dengan Teknik Kolase Pada Siswa Kelas III SD N 101934 Citaman Kecamatan Perbaungan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Fauziddin, M. 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood.

Hadi, S. 2017. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 74-79.

Halawa, W. E., Triyanto, R., Budiwiwaramulja, D., & Azis, A. C. K. 2020. Analisis Gambar Ilustrasi Hombo Batu Nias Gunungsitoli. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 193-203.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, Novi. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung : PT.Remaja Kosdakarya.

Nelly, E., & Mayar, F. 2020. Implementasi Kolase dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Habibi Pariaman. Ensiklopedia of Journal, 2(2).

NI’MAH, K.H.O.I.R.U.N. 2018. Penerapan Teknik Kolase Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B.1 RA Raden Fatah Podorejo.

Nurkhasanah, S. 2017. Kolase Bahan Alam. Jurnal Abadimas Adi Buana, 02(Vol 1 No 2 (2017)), 35-40.

Rahmawati, Wuri. 2017. Efektivitas Pembelajaran FIKOME (Finger Painting, Kolase, dan Menganyam) Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rondhi, M. 2017. Apresiasi Seni Dalam Konteks Pendidikan Seni. Imajinasi: Jurnal Seni, 11(1), 9-18.

Sakdiah, H. 2020. Kemampuan Peserta Didik Dalam Mengembangkan Kreativitas Melalui Karya Kolase Di Kelas I SD N II Banda Aceh (Doctoral dissertation, STKIP Bina Bangsa Getsempena).

Salam, S., & Muhaemin, M. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Badan Penerbit UNM.

Sugiyarti, Lina, Alrahmat Arif, dan Mursalin. 2018.“Pembelajaran Abad 21 di SD”.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i2.12305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]