PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PENCERNAAN MANUSIA” BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nur Fitriyaningsih Nur Fitriyaningsih, Ferina Agustini, Wawan Priyanto

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minimnya media pembelajaran khususnya pada materi organ pencernaan manusia di SD Muhammadiyah Danaraja dan SDN 3 Pucung Bedug. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi berbasis android pada materi organ pencernaan manusia. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan aplikasi yang dihasilkan berdasarkan aspek karakteristik, aspek kevalidan, dan kepraktisan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan produk (development), uji coba produk (implementation) dan evaluasi (evaluation). Uji karakteristik di nilai dari media pembelajaran, Instrument yang digunakan berupa lembar uji validasi, angket uji kepraktisan bertujan untuk mengetahui kepraktisan. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilhan berdasarkan (1) Aspek karakteristik di nilai media pembelajaran yang memiliki warna dan desain  yang menarik, mudah digunakan oleh siswa maupun guru, serta memudahkan siswa dalam memahami materi organ pencernaan manusia. (2) aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase validator media sebesar 94,58% dengan katagori sangat layak dan 92,5% untuk kelayakan materi pembelajaran dengan katagori sangat layak. (3) Aspek kepraktiasan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata angket respon guru memperoleh nilai presentase sebesar 96,25%, sedangkan perolehan presentase angket respon siswa yaitu 90,18% sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android praktis digunakan sebagai media pembelajaran.   

 

Kata kunci: media pembelajaran, berbasis android, organ pencernaan manusia

 


Full Text:

PDF

References


Adi, C. H. (2016). Pengembangan Film Animasi Sub-Tema Pengertian Dan Jenis Lembaga Sosial Untuk Mata Pelajaran Ips Smp Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Ips, Vol. 1 No.(JURNAL SIMBOLIKA APRIL), 1–13.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality Of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.

Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E – Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB)., 07(02), 1–11.

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Mayuni, K. R., Japa, I., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Melalui Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 219–229.

Medan, U. I. N. S. U. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Nurdiansyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF. In วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย (Vol. 4, Issue 1).

Oktaviyanthi, R. ;Ria N. A. (2020). MATEMATIS MAHASISWA Pendidikan Matematika , Universitas Serang Raya , Serang , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Kemampuan penalaran adaptif merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam prosedur memecah- kan masalah ( Ludin , 2018 ; Jaroslawska et al. 9(4), 1123–1136.

Pramuaji, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17312

R.A, P. A. D. (2020). Analisa Sistem Informasi Akademik (Sisfo) Dan Jaringan Di Universitas Bina Darma. Universitas Bina Darma, 13. http://repository.binadarma.ac.id/1458/

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.

Setiawa, D. Y. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA “ CoSa ” BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development/R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Teknik Analisis Kualtitatif. Teknik Analisis, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf

Sulistya, D. A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi Dan Cuaca. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 154–166. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5067

Winman, D. F., & Lahamendu, N. O. K. D. (2021). Cyberspace dan Unggahan Status Religius di Media Sosial. PUTE WAYA: Sociology of Religion Journal, 2(1), 44–62.

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i2.13878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]