KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V TEMA 5 EKOSISTEM DI SD NEGERI 1 GETAS

Bagus Taufik Nurrahman, Mei Fita Asri Untari, Iin Purnamasari

Abstract


Penggunaan media yang inovatif dan menarik serta sesuai dengan pembelajaran yang diinginkan dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektifan penggunaan media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 1 Getas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data berdasarkan pengamatan dan hasil belajar siswa. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keefektifan penggunaan media pembelajaran scrapbook  (x) terhadap hasil belajar (y) siswa kelas V Negeri 1 Getas sangat signifikan. Dengan hasil penelitian kognitif mengalami peningkatan yaitu hasil pretest dan posttest mengalami perbedaan. Rata-rata pretest adalah 61,42, presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 43%. Rata-rata posttest adalah 76, presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 80%. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analis uji t yaitu thitung sebesar 11,4729 dan ttabel sebesar 2,05 dengan taraf 5%, sehingga nilai thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Keefektifan, Media Scrapbook, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardianti, Sekar Dwi, Ulya Himmatul, Ismaya, Erik Aditia. 2018. PAKEM Dalam Kurikulum 2013. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Damayanti, M., (2017). “Pengaruh Media ScrapBook(Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 05, No. 03.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal.

Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Kusumawanti, Y. I., Purnamasari, I., & Rahmawati, I. (2021). Keefektifan Media Scrapbook pada Tema 3 dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 89-97.

Mohamad, Muklis. 2012. Pembelajaran Tematik. Volume 4 Nomor 1, 63-76.

Rosihah, I & Pamungkas, A.S., (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran ScrapbookBerbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar”.Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 4, No. 1, Hal 35-49.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1(1), 35

Tupakhah, A. (2015). Implementasi Penggunaan Media Variatif Pada Pembelajaran Tematik Tema Pahlawanku Kelas Iv Di Sd Islam Al Azhar 29 Bsb Semarang. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i1.18538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]