Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru IPA Kabupaten Batang melalui Pelatihan Merge Cube Augmented Reality (AR)

Muhamad Taufiq, Murbangun Nuswowati, Arif Widiyatmoko, Rifa' Atunnisa

Abstract


Guru IPA di Kabupaten Batang masih banyak yang mengalami kendala dalam kenaikan pangkat. Penyebabnya adalah guru mengalami kesulitan memenuhi persyaratan dari sisi karya inovatif unsur PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Kegiatan PKB dapat dilakukan melalui pelatihan STEM Education Berbasis Merge Cube Augmented Reality (AR) bagi guru melalui kegiatan MGMP dengan model Action Learning berbasis fasilitasi. PKB ini bertujuan membantu guru IPA dalam meningkatkan hasil karya inovatif dan penerapannya dalam pembelajaran berupa media pembelajaran IPA berbasis Paper Merge Cube AR. Metode pemecahan masalah dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan terprogram. Desain model pemecahan masalah yang dilakukan yaitu Action Learning berbasis fasilitasi. Kegiatan pelatihan dibangun dari hubungan antara refleksi dan aksi/ tindakan dilanjutkan dengan fase pendampingan. Refleksi dapat memberi tekanan untuk lebih mengefektifkan tindakan. Sebelum pelaksanaan pelatihan, dilakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan dinas terkait dan ketua MGMP IPA Kabupaten Batang. Pada akhir kegiatan peserta telah memiliki keterampilan yang memadai terkait implementasi STEM education berbasis merge cube AR.

Keywords


Action Learning; STEM Education; Merge Cube Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2020). Model Konseptual Coaching Dalam Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan: Sebuah Tinjauan Pendekatan Integratif. Jurnal Aparatur, 4(1), 31-43.

Ardiansyah, M. R. (2018). Pengembangan Mobile Augmented Reality Brosur Wisata Olahraga Jakabaring Sport City Menggunakan Metode ADDIE. Teknomatika, 8(2), 153-160.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Jamaludin, J., Purba, R. A., Effendy, F., Muttaqin, M., Raynonto, M. Y., Chamidah, D., & Puspita, R. (2020). Tren Teknologi Masa Depan. Yayasan Kita Menulis.

Handayani, L., Made, N. D. P., Susanto, H., Nugroho, S. E. & Aklis, I. (2017). Peningkatan Profesionalime Guru SMA/MA Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Menulis Karya Ilmiah di Kabupaten Blora. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Semarang: LP2M Unnes.

Irdianto, W., Slamet, T. I., Putra, A. B. N. R., & Yoto, Y. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio 8. Jurnal Karinov, 2(2), 139-145.

Mahoney. (2003). IFAL: The work of the charity and benefits of membership. Action Learning News, 22 (2).

McGill, I & Anne, B. (2004). The Action Learning handbook: Powerful techniques for education, professional development & Training. NY: Routledge Falmer.

Mulyaningsih, N. N., Saraswati, D. L., & Ningsih, R. (2021). Pelatihan penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran jarak jauh di era COVID-19. Jurnal Solma, 10(2), 329-337.

Rasyid, R. D. (2017). Pengaruh Komunikasi Internal dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank SulSelBar Cabang Utama Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Rusilowati, A. & Cahyono, E. (2012). Pengembangan Model Pelatihan Berpendekatan Action Learning Berbasis Fasilitasi untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Laporan Penelitian. Semarang: LP2M Unnes.

Rusilowati, A., Marwoto, P., Supriyadi, Wiyanto, & Hardyanto, W. (2016). Peningkatan Profesionalime Guru Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Menulis Karya Ilmiah di UPTD Dinpendik Parakan Kabupaten Temanggung. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Semarang: LP2M Unnes.

Sari, W. S., Dewi, I. N., & Setiawan, A. (2012). Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Semantik 2012, 24-29.

Susilo, H. (2013). Lesson Study sebagai sarana meningkatkan kompetensi Pendidik. In Seminar dan Lokakarya PLEASE (pp. 28-34).




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i2.11510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.