Pelatihan Penyusunan Program BK Masa Pandemi Covid-19 bagi Guru BK MTs di Kabupaten Probolinggo
Abstract
Selama menjalankan tugasnya di masa pandemi COVID-19, guru bimbingan dan konseling MTs mendapatkan berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Ketua MGBK MTs maka diperoleh data bahwa ada permasalahan utama yang dihadapi oleh guru bimbingan dan konseling yaitu kesulitan dalam menyusun program BK pada masa pandemi COVID-19. Guru bimbingan dan konseling MTs membutuhkan pelatihan penyusunan program bimbingan dan konseling masa pandemi COVID-19. Metode pelatihan penyusunan program bimbingan dan konseling masa pandemi COVID-19 meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pelatihan. Peserta pelatihan mengisi angket kepuasan yang dapat dijadikan sebagai evaluasi dan umpan balik pelatihan pengembangan program BK masa pandemi COVID-19 bagi Guru BK MTs di Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan dari hasil evaluasi proses angket evaluasi pelatihan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta merasa sangat puas dan mendapatkan manfaat dari kegiatan pelatihan yang diselenggarakan. Adapun hasil evaluasi hasil menunjukkan bahwa peserta pelatihan mampu menyusun program bimbingan dan konseling dengan baik dan benar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Penataan Penyelenggaraan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program (5th Ed.). Alexandria, VA: ACA.
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
Marisa, C., Ratnasari, D., & Suryaman, N. T. (2021). Penguatan Kompetensi Konselor pada MGBK SMK Kota Depok pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(6), 629–639.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Permatasari, Y., Neviyarni, & Firman. (2021). Inovasi Program Layanan BK Berbasis Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Taujih, 7(1), 38–44.
Prawitasari, I. (2020). Implementasi Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19: A Literature Review. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan, dan Bimbingan Masyarakat Islam, 3(2), 123–130. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Syiar/article/view/671
Saman, A., Umar, N. F., & Bakhtiar, M. I. (2020). Asesmen Online bagi Guru Bimbingan dan Konseling Kabupaten Barru. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Syarofudin, A., & Zulfa, A. A. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(2), 234–237.
Yusuf, S., & Nurihsan. (2019). Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.11732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.