Pemanfaatan Sumberdaya IKM dalam Meningkatkan Produktivitas dan Pemasaran Produk Melalui Transformasi Digital Masyarakat Desa

MY Teguh Sulistyono, Wellia Shinta Sari, Siti Hadiati Nugraini, Maulana Zaky Muhammad, Richard Emmerig

Abstract


Perguruan Tinggi adalah salah satu lembaga pendidikan yang membatu dan berperan aktif di dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mentransfer ilmu pengetahuan atau knowledge transfer kepada lembaga-lembaga pendidikan lain, lembaga-lembaga lain baik yang setara ataupun yang berada di bawahnya, baik pendidikan formal atau non formal. Salah satu industri yang membutuhkan knowledge transfer adalah Industri Kecil Menengah (IKM). IKM yang dijadikan mitra adalah IKM milik Ibu Siti Rokhanah yang berlokasi di Kelurahan Nawangsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Berjarak kurang lebih 60 km dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang. IKM katering dan snak (kue tradisional) yang mengalami masalah yaitu masalah pemasaran produk, produksi katering dan snack (kue tradisional), masalah manajemen usaha dan masalah manajemen keuangan. Masalah pemasaran produk terjadi karena dilakukan dari mulut ke mulut sehingga target penjualan tidak tercapai, masalah produksi terjadi karena masih menggunakan alat memasak tradisional dan tidak adanya oven yang digunakan dalam produksi sehingga pemanasan yang tidak merata dan proses produksinya berulang-ulang, masalah manajemen usaha tidak adanya pengelolaan sumberdaya yang baik untuk jalannya sebuah industri dan masalah manajemen keuangan tidak adanya pencatatan keluar masuk keuangan sehingga tidak diketahui rugi dan labanya. Untuk membantu mengatasi keempat masalah tersebut maka diusulkan dengan memperbaiki proses pemasaran, proses produksi, proses manajemen usaha dan proses manajemen keuangan. Untuk memperbaiki keempat proses tersebut yaitu untuk pemasaran diadakan pemasaran melalui media internet, brosur, MMT dan media sosial,  untuk manajemen usaha dan manajemen keuangan dilakukan pelatihan manajemen keuangan, manajemen usaha dan pelatihan pemasangan iklan di internet dan media sosial, sedangkan untuk proses produksi pembuatan alat masak dengan penggunaan oven otomatis dengan panas merata. Hasil akhir dari Program Kemitraan Masyarakat ini adalah pemanfaatan sumberdaya Industri Kecil Menengah (IKM) dalam meningkatkan produktivitas dan pemasaran produk melalui transformasi digital masyarakat desa.


Keywords


IKM; produktivitas; pemasaran; transformasi digital; media sosial

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Pusat Statistik. (2013). Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Pusat Statistik.

Departemen Perindustrian. (2009). Laporan Pengembangan Sektor Industri 2009. Jakarta: Departemen Perindustrian.

Indriartiningtias, R., & Wirajmadja, I. I. (2012). Pengembangan Model Konseptual Transfer Pengetahuan dari Perguruan Tinggi Ke Industri Kecil. Jurnal Teknik Industri, 10(2), 158–166. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol10.No2.158-166.

Sulistyono, M. Y. T., Sari, W. S., & Septriana, I. (2016), Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah dan Pengangguran dalam Pembentukan Komunitas Wira Usaha Jasa Perbaikan Komputer dan Jaringan Komputer. Science and Engineering National Seminar 2 (SENS 2), 83–90.

Tambunan, T. T. H. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia, Beberapa Isu Penting. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2008). Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.11874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.