Pelatihan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Menjawab Soal pada Sesi Membaca TOEFL ITP
Abstract
Pengenalan akan TOEFL ITP serta mampu menjawab soal-soal pada TOEFL ITP merupakan kebutuhan para siswa kelas XII di SMAS Tunas Bangsa Bintan. Sesi Membaca merupakan salah satu sesi yang ada pada TOEFL ITP dan berdasarkan hasil pre-test, peserta kegiatan belum cukup mampu dalam menjawab soal sesi Membaca. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berupa pelatihan Bahasa Inggris ini bertujuan untuk memperkenalkan TOEFL ITP serta melatih peserta untuk mampu menjawab soal-soal sesi Membaca pada TOEFL ITP dengan pendekatan drilling & practice. Kegiatan ini dilangsungkan selama 2 pertemuan yang masing-masing berdurasi 90 menit secara daring melalui platform Zoom. Dari kegiatan ini, dapat diketahui bahwa peserta sudah cukup mengenal sesi Membaca pada TOEFL ITP. Selain itu, sebagian besar peserta mengungkapkan bahwa kemampuan menjawab soal sesi Membaca pada TOEFL ITP meningkat dan ini terkonfirmasi dari hasil post-test. Mereka juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat, fasilitator menjelaskan materi dengan baik, serta metode dan platform pembelajaran sudah tepat. Akan tetapi, peserta masih mengalami kendala dalam mengikuti kegiatan ini yakni pada waktu dan kemampuan Bahasa Inggris yang masih terbatas, terutama pada bagian kosakata. Oleh karena itu, kami menyarankan pada tim kegiatan serupa untuk mempertimbangkan durasi kegiatan serta melakukan pelatihan dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris peserta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alavi, S.M. & Akbarian, I. (2012). The role of vocabulary size in predicting performance on TOEFL reading item typs. System, 40(3), 376-385.
Azhar, Z., & Iqbal, M. (2019). Menganalisa Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Teks Bacaan dalam Tes TOEFL. Jurnal Ilmial Bahasa Inggris, 4(2), 13-26.
Hsieh, M.Y., Wang, F. Y., & Lee, S.Y. (2011). A corpus-based analysis comparing vocabulary input from storybooks and textbooks. International Journal of Foreign Language Teaching, 6(1), 25-33.
Lubis, L.R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-3, 380-387.
Kemenparekraf. (2021). Potensi Wisata di Pulau Bintan, Primadona Kepulauan Riau. Diakses pada Kamis, 6 Januari 2022, dari https://kemenparekraf.go.id/ragam- pariwisata/Potensi-Wisata-di-Pulau-Bintan%2C-Primadona-Kepulauan-Riau
Mahendra, E., Sartika, D., & Saptarina, E. (2020). The Analysis of Students’ Difficulties in Comprehending TOEFL Reading Test at Islamic University of Ogan Komering Ilir Kayuagung. Edu-Ling: Journal of English Education and Linguistics, 3(2), 220-227.
Schmitt, N., Jiang, X., & Grabe, W. (2011). The percentage of words known in text and reading comprehension. The Modern Language Journal, 95(1), 26-43.
Sesriyani, L. (2019). Kesulitan yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam Menyelesaikan Reading Section pada TOEFL. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(2), 8-14.
Situmorang, K., Nugroho, D.Y., Pramusita, S.M., Manurung, E.I., Albertina, B.C. 2021. Mengenal TOEFL ITP untuk Menunjang Karir Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 430-434.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12083
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.