Sosialisasi Penggunaan Sparkol VideoScribe untuk Pembuatan Presentasi Video bagi Guru Wilayah Jakarta Barat

Umniy Salamah, Bagus Priambodo, Yuwan Jumaryadi

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir melumpuhkan semua sektor ekonomi dikarenakan cepatnya penyebaran yang terjadi. Covid-19 juga menyebabkan seseorang sulit berinteraksi dengan jarak dekat, dan juga masyarakat dihimbau agar tidak melakukan kegiatan berkumpul untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dampak dari penyebaran Covid-19 juga terjadi pada kegiatan belajar mengajar. Virus Covid-19 juga membuat proses pembelajaran dilaksanakan secara online atau hybrid. SUDIN Pendidikan Jakarta Barat merupakan salah satu daerah yang terkena dampak Covid-19. Sosialisasi mengenai penggunaan VideoScribe merupakan kegiatan pengabdian yang diadakan oleh tim pengabdi. VideoScribe merupakan video animasi tangan yang digunakan untuk membuat gambar, kemudian gambar-gambar tersebut akan dirangkai untuk membentuk cerita berbentuk video. Penggunaan VideoScribe dapat diaplikasikan pada masa pandemi untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa ketika melakukan pembelajaran secara online.


Keywords


COVID-19; SUDIN; VideoScribe

Full Text:

PDF

References


E. DAFTAR PUSTAKA

Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437.

Antara. (2021). Jakarta Barat Telisik Temuan 8 Klaster Penularan Covid-19 di Sekolah Gelar PTM. Tempo.Co. https://metro.tempo.co/read/1509602/jakarta-barat-telisik-temuan-8-klaster-penularan-covid-19-di-sekolah-gelar-ptm

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284

Artayasa, I. P., Yamin, M., Nathania, E. A., Alfiana, F., & Anwari, K. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Tatap Muka dengan Sistem Bergilir Dibandingkan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 424–430. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.527

Data Referensi Pendidikan. (2022). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota: Kota Jakarta Barat. Kemdikbud. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=016200&level=2

Hastuti, N., & Djanah, S. N. (2020). Literature Review Study: Transmission and Prevention of the Spread of COVID-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 70–79. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ANN/article/view/2984

Isradi, M., & Sumiyati, S. (2020). Impact Covid-19 on Implementation and Evaluation of Online Learning. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 3(3), 310–314. https://doi.org/10.29138/ijebd.v3i3.1127

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education During Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1(August), 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012

Nugroho, L., Badawi, A., & Hidayah, N. (2022). How Indonesian Women Micro and Small Entrepreneurs Can Survive in Covid-19 Pandemic ? Amalee: Indonesian Journal of Community Research & Engagement, 3(1), 215–222.

Perdana Putra, I. W. D., Gading, I. K., & Dibia, I. K. (2021). Science Learning with VideoScribe-Based Learning Video for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883

Priambodo, B., & Jumaryadi, Y. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Covid 19 dengan Deteksi Ketidakjujuran di Meruya Utara. ADI MASSI (Jurnal Pengabdian Masyarakat Sistem Informasi), 1(1), 16–22.

Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of The COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.

Sarifah, R., & Ulfa, S. M. (2020). The Effectiveness of Videoscribe as Innovative Media to Increase Students Reading Comprehension. English Teaching Journal: A Journal of English Literature, Linguistics, and Education, 8(1), 19–24. https://doi.org/10.11591/etj.v8i1.6440




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.