Sign System sebagai Media Komunikasi Visual Pengrajin Sasirangan di Kampung Sasirangan Kertak Hanyar
Abstract
Sentra UMKM kerajinan sasirangan di Kabupaten Banjar satu di antaranya terletak di Kampung Sasirangan Kecamatan Kertak Hanyar. Permasalahan yang perlu diselesaikan adalah belum tersedianya sign system di lokasi UMKM. Tujuan dirancangnya sign system yaitu memberikan informasi visual kepada pengunjung tentang lokasi-lokasi pengrajin dan penjualan kain sasirangan di Kecamatan Kertak Hanyar. Metode kegiatan pengabdian dilakukan melalui 3 tahap, yaitu pra kegiatan dengan melakukan observasi kepada para pengusaha UMKM dan koordinasi kepada pejabat pemerintahan setempat, tahap pelaksanaan kegiatan meliputi pemasangan sign system di lokasi yang telah ditentukan oleh tim pengabdian bersama kelompok paguyuban pengrajin kain sasirangan dan perwakilan aparat lingkungan setempat, dan pasca kegiatan meliputi evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah dipasangnya sign system di tempat pengusaha UMKM kain sasirangan. Para pengusaha UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya sign system, karena selain berfungsi sebagai penunjuk arah, sign system juga berfungsi sebagai identitas visual usaha mereka. Diharapkan dengan adanya sign system tempat usaha mereka semakin dikenal oleh masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afira, K.D., Syafwandi., & Trinanda, R. (2019). Perancangan Sign System Pasar Bandar Buek Kota Padang. Dekave, 9(1), 1-12. https://doi.org/10.24036/dekave.v9i1.105569
Andrijanto, M.S. (2018). Perancangan Alternatif Sign System Sebagai Informasi Lokasi Penjualan di Pasar Legi Kota Gede. Jurnal Desain, 5(3), 223-234. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2533
Efrina, Y., Budiwirman., & Afriwan, H. (2013). Perancangan Sign system Objek Wisata Danau Kembar. Dekave, 2(1), 1-15. https://doi.org/10.24036/dekave.v2i1.2891
Halimi, A. N., & Patria, A. S. (2015). Perancangan Sign System Kawasan Wisata Besuki Kediri. Pendidikan Seni Rupa, 3, 95-100. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230660272.pdf
Hapsari, P. P., Hakim, A., & Soeaidy, S. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). Wacana, 17(2), 88-96. Retrieved from https://www.wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/308
Mahbub, A. S., & Kusumandyoko, T. C. (2018). Pengembangan Sign System Kampus UNESA Lidah Wetan. Seni Rupa, 6(1), 610-623. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/22430
Maudiarti, S., & Adriani, H. (2019). Desain Sign System sebagai Media untuk Meningkatkan Brand Image Desa Wisata Sakerta Timur, Kuningan, Jawa Barat. Laporan Penelitian. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.
Mujabfaqni, A., & Kusumandyoko, T.C. (2016). Perancangan Sign System Taman Flora Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 4(3), 381-387. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/17411
Prasetya, I. A., & Ma'ruf, M. F. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Bambu (Studi pada Unit UMKM Binaan Anyaman Bambu di Desa Seketi Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo). Publika, 7(3), 1-7. https://doi.org/10.26740/publika.v7n3.p%25p
Pratama, I. G. (2021). Desain Sign System di Lingkungan Kampus New Media College. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 66-72. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/537
Rizqullah, M.F., & Swasty, W. (2019). Perancangan Media Informasi Kota Tua Jakarta Utara Melalui Sign system yang Terintegrasi Website. Andharupa, 5(2), 210-225. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i2.1957
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146. http://dx.doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah dan Hukum, 11(1), 33-64. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/blc/article/download/298/216
Suleman, A.R., Simarmata, H.M.P., Panjaitan, P.D., Basmar, E., Damanik, D., Nainggolan, P., Arfandi, S.N., Hidayatulloh, A.N., Purba, B. & Nainggolan, L.E. (2021). Perekonomian Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
Tanza, G., Jessica, C., & Aguita, M. (2019). Pengembangan Bisnis UMKM Amha Frame dengan Inovasi Perancangan Kotak Tisu Multifungsi Batik dan Kayu. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 5-12. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i1.1181
Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra, 2008.
Wahyuningsih, S. (2009). Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia. Mediagro, 5(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.31942/mediagro.v5i1.890
Wahyunti, S. (2020). Peran Strategis UMKM dalam Menopang Perekonomian Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 3(2), 280-302. Retrieved from http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/jesa/article/view/554
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.