Mengenalkan Edukasi Robot untuk Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi Anak Usia Dini di TK Aisyah Kauman Kecamatan Ponorogo

Munirah Munirah, Rhesma Intan Vidyasari, Andy Triyanto

Abstract


Peran gadget saat ini sudah sangat mengubah perilaku, kebiasaan dan pola hidup kita terutama untuk anak-anak yang masih usia dini. Namun demikian, dampak positif dengan adanya gadget pun tidak bisa kita pungkiri. Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dengan adanya perkembangan teknologi yang ada saat ini terutama untuk membangun dan menumbuhkan semangat dan kreativitas bagi para anak-anak sejak usia dini. Salah satunya adalah memperkenalkan dan mengedukasikan kepada mereka, teknologi robot yang bukan hanya sekedar teknologi semata namun dapat dijadikan sebagai bahan atau objek permainan yang seru, apalagi robot yang tidak langsung pakai, yang harus dirakit dulu untuk bisa digunakan. Hal ini cenderung dapat melatih imajinasi anak-anak dan menambah skill serta kreativitas pada anak. Dalam kegiatan ini, kami akan mengenalkan robot pada anak-anak di TK Aisyiyah Kauman Ponorogo selaku mitra kegiatan kami dengan menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen kepada anak-anak di TK. Diharapkan dengan kedua metode itu dapat memberikan pengalaman bagi anak-anak serta menumbuh kembangkan imajinasi kepada anak bahwa belajar robot itu juga menyenangkan.


Keywords


robot; edukasi; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


A. Joubair, L. F. Zhao, P. Bigras, and I. Bonev, “Absolute accuracy analysis and improvement of a hybrid 6-DOF medical robot,” Ind. Robot An Int. J., pp. 1–21, 2015.

B. D., Leotman, D. R, Budi Syaka, Priyono,”Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Robotik Studi Kasus SMP Almuslim Bekasi”, Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional, vo. 2, no. 2, pp. 32-41, Desember 2016.

E. S. Darmawan, Dwiki, Setya Permana Sutisna, “Sistem Kontrol pada Robot Pemindah Barang Tipe Cartesian Cordinat,” AME (Aplikasi Mek. dan Energi) J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 76–83, 2018.

F., Anip, ”Pemakaian Mobile Robot Dalam Meningkatkan Perkembangan Kogniif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak”, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 234- 243, Juli 2017.

F. H. L. Nugroho, Aji Brahma, “Rancang Bangun Robot Pemindah Barang Berdasarkan Warna,” USTINDO (Jurnal Sist. dan Teknol. Inf. Indones., vol. 2.2, pp. 143–157, 2018.

J. et Al, “Robotic system for placing printed material into boxes,” 2018.

N. L,. Husni, A. S. Handayani, E. Prihantini, “Peningkatan Minat Anak di Bidang Robotika”, Snaptekmas, vol.2, no.1, pp. 116-126, 2020.

R. H. Y. P. Kurnianto, Hardi, Aad Haryadi, “Rancang Bangun Transceiver Multichannels untuk Kontrol Gerak dan Monitoring Kondisi pada Robot Manual Mini Industri,” J. Jartel J. Jar. Telekomun., vol. 7, no. 2, pp. 88–92, 2018.

Santini, “Mobile floor-cleaning robot with floor-type detection,” 2016.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.13061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.