Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Mahad Albisat Addiniyah Yalla, Thailand Selatan

Nur Aini Puspitasari, Syarif Hidayatullah

Abstract


Mahad Albisat Alhaddiniyah Thailand memproyeksikan lulusannya untuk dapat kuliah di luar Thailand, salah satunya Indonesia. Namun perbedaan bahasa Melayu Thailand dengan bahasa Indonesia membuat mereka kesulitan untuk melanjutkan kuliah di Indonesia. Untuk itu, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan softskills bahasa Indonesia berdasarkan pelafalan huruf dan perkenalan diri. Metode kegiatan yang digunakan adalah pelatihan dengan teknik ceramah, diskusi, dan praktik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan pendekatan budaya dan permainan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para siswa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf dan memperkenalkan dari yang ditunjukkan dari perubahan signifikan antara hasil pretes dan postes.


Keywords


pelatihan; kamampuan berbahasa; softskills; penutur asing

Full Text:

PDF

References


Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., & Fitriani, H. S. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 10 No. 2, 43-50.

Landefoged, P. (2005). Vowels and Consonants. UK: Blackwell Oxford.

Leksono, R. P., & Kosasih, L. (2020). Analisis Pengucapan Vokal Bahasa Indonesia oleh Pemelajar Bahasa Indonesia Penutur Bahasa Thai 2017. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), Volume 2 No. 1, 22-27.

May, I. L. (2002). Pengenalan Vokal Bahasa Indonesia dengan Jaringan Syaraf Tiruan melalui Transformasi Wavelet Diskrit. ACADEMIA. EDU, 1-5

Nugraha, Z. A. (2020). Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Indonesia oleh Pemelajar Asal Tiongkok. Batara, Vol. 6 No. 1, 23-34.

Purwono, P. Y., & Aster, P. V. (2021). Pembelajaran BIPA Dengan Aplikasi Awan Asa Berbasis Pengenalan Lintas Budaya. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(1), 97–107.

Rahmawati, N. D., & Devi, I. P. (2021, September). Pemanfaatan Permainan Tradisional “ABC Lima Dasar” sebagai Media Ajar untuk Pemelajar Asing (BIPA A2). In Seminar Nasional SAGA# 3 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 3, No. 1, pp. 184-191).




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.13117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.