Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Pengolah Kata bagi Santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Kuala Mandor Kubu Raya
Abstract
Pemahaman terkait penggunaan teknologi dan aplikasi saat ini menjadi suatu keharusan yang perlu dikuasi oleh generasi muda. Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijrah merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan juga perlu untuk berbenah agar santri-santrinya dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Berdasarkan hasil survei pada Ponpes Darul Hijrah diperoleh informasi bahwa tingkat pengetahuan dan kemampuan santri terkait teknologi masih cukup rendah, terutama dalam penggunaan aplikasi Microsoft Word yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas berbasis laporan tertulis. Pelaksanaan PMKM mahasiswa Program Studi Sistem Informasi FMIPA Universitas Tanjungpura bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan tambahan kepada santri Ponpes Darul Hijrah dalam penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Microsoft Word. Metode pelaksanaan PMKM yaitu pelatihan terencana, yaitu sebelum pelaksanaan pelatihan terlebih dahulu dilakukan survei dan identifikasi masalah, pencarian solusi permasalahan, sampai kepada tahap evaluasi. Hasil dari pelatihan dalam PMKM diperoleh peningkatan pengetahuan dan kemampuan atau keterampilan santri Ponpes Darul Hijrah dalam pengoperasian dan pemanfaatan fitur-fitur yang ada pada Microsoft Word, dengan persentase peningkatan keseluruhan sebesar 25%, yakni dari 64% menjadi 89%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendi, L. (2016). Pengembangan Aplikasi Pengolah Kata. Fountai of Informatics Journal, 1(November).
Haya, S. F., & Tambunan, K. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Kusumawati, T. I. J., Wulandari, W., & Mulyati, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Pegawai di Lingkungan Kemdikbud dalam Bidang Komputer Menggunakan Microsoft Office. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 604–608.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267.
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.
Rusi, I., Sari, R. P., Prawira, D., Mutiah, N., & Febriyanto, F. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis dalam Pengelolaan Aset pada Dinas Perhubungan Kota Singkawang. 4, 1025–1034.
Saputra, M., Tarigan, S. W., Nababan, M. N. K., Indra, E., Indonesia, U. P., & Office, M. (2022). Pengenalan Microsoft Office bagi guru TKA-TPA Islam Umaira Medan. 2(1), 105–108.
Sulasiah, F., & Hidayati, S. (2021). Evaluasi Pasca Pendidikan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Terhadap Kinerja Aparatur DKI Jakarta. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 18–32.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.13182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.