Optimalisasi Pemasaran UMKM Olahan Salak Melalui Penguatan Branding Produk dan Miniatur Kebun Salak

Nugroho Mardi Wibowo, Yuyun Widiastuti, Siswadi Siswadi

Abstract


Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah UD Halwa Indoraya – Jombang, yang memproduksi produk olahan berbahan baku buah salak. Mitra sudah menggunakan sarana pemasaran modern  yaitu website dan media sosial. Namun segmen pasarnya terbatas wilayah Jombang saja. Sejak pandemi covid-19 2019 penjualan produk mitra mengalami fluktuatif tajam bahkan 2020 mengalami penurunan. Pengetahun mitra tentang branding produk sebagai strategi pemasaran sangat minim. Keberadaan kebun mini salak yang dimiliki mitra, mestinya dapat di-branding dan dapat dipakai sarana pemasaran, namun dibiarkan terbengkalai. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini: Pertama meningkatkan omset. Kedua, memperluas segmen pasar. Metode kegiatan ini adalah, pertama pelatihan branding produk olahan salak dan kebun salak mini sebagai distinasi wisata. Kedua, simulasi penyusunan branding produk olahan salak melalui proses diskusi dan brainstorming serta branding kebun mini salak sebagai miniatur kebun salak dan destinasi wisata. Hasil yang dicapai kegiatan ini adalah pertama, tingkat pengetahuan dan pemahaman mitra dan karyawannya terhadap branding produk sebagai strategi pemasaran cukup baik, sebesar 76,67%. Kedua, mitra dapat melakukan branding produk melalui perbaikan dan pengembangan kemasan sehingga produk dapat dipersepsikan oleh konsumen, memiliki cita rasa nikmat dan bermanfaat bagi kesehatan. Ketiga, mitra sudah melakukan branding miniatur kebun salak sehingga dapat berfungsi sebagai destinasi eduwisata dan media pemasaran. Ketiga omset mitra meningkat sebesar 95,04%. Keempat, segmen pasar baru bertambah tiga kabupaten/kota.

Keywords


branding produk; olahan salak; omset; eduwisata

Full Text:

PDF

References


Ahmad, J., Bayu, H., M. Anggiri Jauzy, A., Baiq Yolanda Ika, A., Tapaul, R., & Eka S, P. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(3), 162–166.

Aprianti, H., Rismawati, E., Sakti, E., & Sadiyah, E. R. (2015). Telaah Fitokimia dan Aktivitas Antioksidan dalam Biji Salak (Salacca Zalacca (Gaert.) Voss) dengan Metode Peredaman Radikal Bebas DPPH. Konferensi Nasional Matematika, Sains Dan Aplikasinya (KNMSA) 2015, 337–343.

Boomsma, M., & Arnoldus, M. (2008). Branding for development. In KIT Working Paper.

Dimitrios, B. (2000). Marketing the competitive destination of the future. Tourism Management, 21(1), 97–116.

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2021). Pengaruh Citra Merek , Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang ). Jurnal Mirai Manajemen, 6(2), 250–256.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2021). Principles of Marketing. In Pearson Education (Vol. 18th).

Kotler, P., & Gertner, D. (2002). Country as brand, product, and beyond: A place marketing and brand management perspective. Brand Management, 9(4), 249–261.

Miličević, K., Mihalič, T., & Sever, I. (2017). An Investigation of the Relationship Between Destination Branding and Destination Competitiveness. Journal of Travel and Tourism Marketing, 34(2). https://doi.org/10.1080/10548408.2016.1156611

Monika, H. (2017). The Impact of Cultural Branding on Brand Equity – Exploratory Study. Handel Wewnetrzny, 5(370).

Pratiwi, C., Yusnita, R. T., & Lestari, S. P. (2022). Keputusan Pembelian Berdasarkan Citra Rasa dan Kemasan ( Survei pada Konsumen Basreng Dua Saudara Snack di Singaparna ). J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(5), 654–660.

Priyanto, L. H. A., Sukandar, E. Y., Ibrahim, S., & Adnyana, I. K. (2012). Antihyperuricemic Effect of Ethanol Extract of Snake Fruit (Salacca edulis Reinw.) var. Bongkok on Wistar Male Rat. Journal of Food Science and Engineering, 2, 271–276.

Sucandrawati, N. L. K. A. S., Usadha, I. D. N., & Merta, I. K. (2022). Peran Branding Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Word of Mouth Marketing di Perusahaan. Jurnal Satyagraha, 05(02), 1–6.

Sulaksono, S., Fitrianingsih, S. P., & Yuniarti, U. (2015). Karakteristik Simplisia dan Ekstrak Etanol Buah Salak (Salacca Zalaca (Gaertner) Voss). Konferensi Nasional Matematika, Sains Dan Aplikasinya (KNMSA) 2015, 317–320.

Winarsih, S., Siskawardani, D. D., & Kusuma, H. (2021). Perbaikan Label Kemasan Pada Program PKM Sari Sayur dan Buah CV Sari Bhumi Desa Pesanggrahan Kota Batu. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 619–623. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.4220

Yuswanda, A. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 3(2), 27–41.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.13252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.