Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Konsep Sains dan Matematika Menggunakan Barang Bekas bagi Guru PAUD di Kabupaten Musi Rawas Utara
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru Taman Kanak-Kanak dan PAUD tentang media pembelajaran konsep sains dan matematika anak usia dini dengan menggunakan barang bekas dan memberikan pelatihan serta pendampingan bagi guru untuk membuat media pembelajaran konsep sains dan matematika menggunakan barang bekas agar dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Kegiatan ini menggunakan metode in house training. Adapun yang menjadi sasaran dalam pelatihan dan pendampingan ini adalah guru-guru Taman Kanak-kanak dan PAUD yang tersebar pada kecamatan di kabupaten Musi Rawas Utara diantaranya kecamatan Nibung, Sungai Jauh, Muara Rupit, Sungai Baung, Karang Jaya, Rawas Ulu dan Rawas Ilir. Pelatihan dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan, tahap ini peneliti mempersiapkan bahan dan alat sedangkan pada tahap pelaksanaan yaitu pembuatan media pembelajaran, presentasi, dan demonstrasi baik secara mandiri maupun berkelompok. Mahasiswa juga ikut berkontribusi dalam membantu tahap persiapan dan juga pelaksanaan. Evaluasi dari kegiatan pengabdian yang dilakukan nantinya adalah dapat menyediakan bahan yang lebih bervariasi. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berjalan dengan efektif yang menunjukkan persentase 85% yang terdiri dari peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan antusias dalam mengikuti selama pelatihan berlangsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, L. A., Masnipal, & Mulyani, D. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini Di Kober/Tk Bunda Balita Di Masa Pandemi. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 7(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1
Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran Ips (Ekonomi) Di Smp. Jurnal Ecogen, 1(2), 439. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4766
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hilaliyah, T., & Wahid, F. I. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS BUDAYA BANTEN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SASTRA SISWA KELAS AWAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 84–96. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru : sebuah kajian pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i2
Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v1i3
Kustiawan, U. (2016). Pengembang Media Pembelajaran AUD (I). Gunung Samudera.
Mickens, R., Patterson, C., & Mickens, R. E. (2016). Georgia Journal of Science What is Science? WHAT IS SCIENCE? Georgia Journal of Science, 74(2). http://digitalcommons.gaacademy.org/gjs%0Ahttp://digitalcommons.gaacademy.org/gjs/vol74/iss2/3
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 2019. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Southern Regional Education Board. (2015). Early Childhood Commission Glossary. SREB.org/EarlyLearning
USAID. (2014). Pembelajaran Literasi Kelas Awal. In Buku Sumber Bagi Dosen LPTK.
Wulansari, L., & Paryono, P. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Produk Yang Bernilai Jual Guna Menanamkan Minat Wirausaha Pada Siswa SMK. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 34. https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.301
Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
Zulfa. (2014). Implementasi Kurikulum dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada PAUD. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 1–29. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.757
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.13567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.