Penggunaan Picture and Picture untuk Pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Abstract
Pengetahuan dan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan bekal hidup sehat setiap anak. Pengenalan dan pembiasaan PHBS ini dapat berjalan dengan baik bila dikenalkan sejak dini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman PHBS melalui picture and picture untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan data observasi bahwa pembiasaan PHBS pada siswa di TK ABA 1, TK ABA 3, dan TK ABA 4 belum ideal. Kegiatan ini didesain untuk memberikan keterampilan pada guru TK untuk membiasakan PHBS pada siswa melalui picture and picture. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan alur pre-tes, penguatan pemahaman PHBS melalui picture and picture, simulasi PHBS melalui picture and picture oleh guru, pos tes, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru akan menjadikan media gambar sebagai pijakan dalam pengembangan pembelajaran dan pembiasaan PHBS. Peserta kegiatan ini berjumlah 74 orang. Respon atau evaluasi kegiatan dibedakan menjadi tiga, senang, biasa, dan kecewa. Respon guru mitra dikategorikan baik, yaitu 74% peserta senang pada kegiatan ini. Respon mereka pada materi 74% senang, modul kegiatan 85% senang, jadwal kegiatan 44% senang, metode pelaksanaan 60% senang, alat dan bahan 94% senang, dinamika kelompok 89% senang. Rencana tindak lanjut kegiatan ini adalah pendampingan penggunaan picture and picture sebagai media belajar dan bermain dalam mengenalkan dan membiasakan PHBS. Dengan demikian, kesadaran PHBS diharapkan mewujudkan anak sehat cerdas ceria.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain dan permainan anak usia dini (sebuah kajian teori dan praktik). Nganjuk : Adjie Media Nusantara.
Badan POM RI. (2013). Pedoman pangan jajanan anak sekolah untuk pencapaian gizi seimbang: orang tua, guru, dan pengelola kantin. Jakarta : Direktorat Standardisasi Produk Pangan, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen. (2022). Indonesia Paten No. 033.
Hartini, & Munandar, K. (2016). Sikap Dan Perilaku Keluarga Tentang Manfaat Jamban Dengan Kejadian Diare Di Bondowoso. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 1-13.
Harvey, L., & Knight, P. (1996). Transforming higher education. Buckingham: Open University Press.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok (5 ed.). Bandung: Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Indonesia Paten No. 146.
Mardhiati, R. (2013). Pesan kesehatan: perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(3), 1-14.
Munandar, K. (2006). Sekolah Sehat Sebagai Agent Perubah Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kebumen: Pamsimas.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di instansi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan, dan manfaat. Scholaria, 5(2), 1-14. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/13/12
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Pradina, Y., & Hastuti, W. D. (2017). The Effect of Picture and Picture Learning Model towards Science Outcomes for Students with Hearing Impairment in the Class VII. Journal of ICSAR, 1(2), 145-149.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijhati, E. R., Istiyati, S., & Lestari, S. (2021). Pelatihan gerakan masyarakat hidup sehat pada anak di era pandemi covid-19. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(3), 560-566. https://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/6643.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.13711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.