Penguatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru MGMP Biologi dalam Mengembangkan Pembelajaran Inovatif untuk Mendukung Pemberdayaan Keterampilan Abad-21 Siswa

Fitri Arsih, Muhyiatul Fadilah, Heffi Alberida

Abstract


Paradigma pendidikan telah berubah menuju pendidikan abad-21 yang dikenal dengan masa pengetahuan (knowledge age). Pendidikan pada masa knowledge age tidak lagi didominasi dengan transfer pengetahuan namun telah diarahkan pada melibatkan siswa untuk mampu membangun dan mengembangkan keterampilan berpikir sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan terhadap materi pelajaran. Guru abad-21 diharapkan memiliki lebih banyak pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi dan memahami tantangan perubahan masyarakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan soft skill dan hard skill guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif berbasis PBL, case based learning (CBL) dan PjbL dalam membangun keterampilan abad-21 siswa. Rencana kegiatan akan dilakukan dalam beberapa fase: (1) pendalaman materi biologi, (2) pembekalan keterampialan merancang pembelajaran PBL, CBL dan PjBL, (3) mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PBL/CBL atau PjBL, (4) mengimplementasikan pembelajaran berbasis PBL/CBL atau PjBL. Seluruh kegiatan akan dinilai sebagai evakuasi terhadap pelaksanaan kegiatan.


Keywords


keterampilan abad-21; guru professional; case method; team based project

Full Text:

PDF

References


Akben, N. (2019). Suitability of Problem Scenarios Developed by Pre-service Teacher Candidates to Problem-Based Learning Approach. Eurasian Journal of Educational Research, 83, 231-252.

Arsih, Zubaidah, S., Suwono, H. and Gofur, A. (2019). Critical thinking skills of prospective biology teachers: A preliminary analysis. The 3rd International Conference on Mathematics and Sciences Education (ICoMSE), Malang.

Arsih, Zubaidah, S., Suwono, H. and Gofur, A, RANDAI Learning Model to Enhance Pre-Service Biology Teachers' Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 845-860.

Cretu, D. (2017). Fostering 21st Century Skill for Future Teachers. The European Proceedings of Social & Behavioural Sciences: Edu World 2016 7th International Conference.

Greenhill, V. (2010). 21st Century Knowledge and Skills in Educator Preparation, The American Association of Colleges for Teacher Education (AACTE).

Irani, N. V. Zulyusri, Z., and Darussyamsu, R. (2020). Miskonsepsi materi biologi SMA dan hubungannya dengan Pemahaman siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3(2), 348-355.

Kadir, M. A. A. (2017). What Teacher Knowledge Matters in Effectively Developing Critical Thinkers in the 21 st Century Curriculum?. Thinking Skills and Creativity, 23, 79-90.

Kurniawan, A, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Terkait Sains Siswa SMP.

Nessipbayeva, O. (2012). The Competencies of the Modern Teacher. [Online]. Available: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED567059.pdf.

Pratiwi, H. E., Suwono, H., and Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Socio-biological Case Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Fmipa Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 22-30, doi:10.17977/jpb.v7i1.714.

Valli, P., Perkkilä, P., and Valli, R. (2014). Adult Pre-Service Teachers Applying 21st Century Skills in the Practice. Athens Journal of Education, 1(2), 115-129.

Wijaya, E. Y., Sudjimat D. A., and Nyoto A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad-21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumberdaya Manusia di Era Global. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Malang.

Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh penerapan metode pembelajaran case based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Studi Kesehatan, 4(1), 30-37.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad-Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad-21. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.