Peningkatan Kompetensi Siswa SMKN 3 Bangkalan Melalui Pelatihan Trouble Diagnosis Sistem Injeksi

Handini Novita Sari, Mochamad Cholik, Mochamad Arif Irfai, Muamar Zainul Arif, Mohammad Effendy

Abstract


Perkembangan teknologi di dunia, bahkan di Indonesia saat ini meningkat begitu pesat termasuk di bidang teknologi otomotif. Jurusan Teknik Bisnis dan Sepeda Motor yang merupakan salah satu jurusan di SMK, hal tersebut menjadikan penguasaan pengetahuan dan keterampilan tentang sistem injeksi menjadi hal yang wajib untuk dimiliki. Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi mitra yaitu keterbatasan peralatan praktek serta kurangnya pemahaman siswa terhadap teknologi injeksi sehingga perlu adanya pelatihan terkait trouble diagnosis sistem injeksi. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah training of trainer dengan menggunakan model pembelajaran secara langsung sehingga dapat memudahkan siswa untuk memahami materi dan juga menerapkan konsep materi pada alat bantu pembelajaran yang sudah ditetapkan berdasarkan kompetensinya. Berdasarkan hasil kegiatan masyarakat yaitu Trouble Diagnosis Sistem Injeksi dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kopentensi pemahaman siswa. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan jumlah prosentase aspek keterampilan proses yang rata-rata sebesar 50%.

Keywords


teknologi; injeksi; pelatihan; trouble diagnosis

Full Text:

PDF

References


Aji, M. P., & Wijaya, E. S. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Dokumen Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi P1 bagi Calon Pengelola LSP P1 SMK Muhammadiyah Somagede, Banyumas. Jurnal Pengabdian Teknik dan Sains, 1 (1): 36–40.

Amalia, L., & Suwatno, S. (2016). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Efektivitas Competency Based Training. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1).

Fauzi, J. A., Suswanto, H., & Wibawa, A. P. (2020). Pengaruh Aspek-Aspek Tuntutan Industri Terhadap Uji Kompetensi Keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5 (1): 88. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13147.

Hodge, S. (2007). The Origins of Competency-based Training. Australian Journal of Adult Learning, 47(2), 179–209. https://search.informit.org/doi/10.3316/informit.127983600595607.

Irpandi, A. (2013). Pengaruh Program Training, Metode Pembelajaran, dan Administrasi Pendidikan Terhadap Kompetensi Siswa Kelas XII Kelompok Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Sedayu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Mokhtar, N. R., & Heru, S. (2017). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi (Penelitian tentang Pelatihan pada Calon Tenaga Kerja Indonesia di PT Tritama Bina Karya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(6).

Nurtanto, M., Arifin, Z., Sofyan, H., Warju, W., & Nurhaji, S. (2020). Development of Model for Professional Competency Assessment (PCA) in Vocational Education: Study of the Engine Tune-Up Injection System Assessment Scheme. Journal of Technical Education and Training, 12(2), 34–45. Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/5152.

Nurtanto, M., Sofyan, H., Pardjono, P., & Suyitno, S. (2020). Development Model for Competency Improvement and National Vocational Qualification Support Frames in Automotive Technology. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9 (1), 168-176.

Ramadhani, M. A., & Rahayu, E. (2020). Competency Improvement through Internship: An Evaluation of Corporate Social Responsibility Program in Vocational School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 625-634.

Widiyatmoko, W., & Anitasari, M. E. (2019). Penyuluhan Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor Injeksi di Desa Pundensari Kecamatan Purwodadi. Surya Abdimas, 3(1), 1-5. https://doi.org/10.37729/abdimas.v3i1.318.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.