Pelatihan dan Workshop “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif” bagi Guru-Guru MTs Negeri 1 Kabupaten Seluma
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mau tidak mau telah merubah paradigma dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar di kelas. Proses pembelajaran saat ini dituntut untuk relevan dengan kemajuan zaman, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Dengan demikian sebagai orang yang memiliki peran penting dalam keberhasilan pembelajaran, guru harus mampu merespon perubahan global ini dengan baik, misalnya dengan menyediakan media pembelajaran berbasis teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa fakta di lapangan masih banyak ditemukan guru yang belum melek teknologi, sebagai salah satu bentuk upaya mengatasi tantangan tersebut adalah dilakukan pelatihan dan workshop pemanfaatan media pembelajaran interaktif bagi guru-guru. Pelatihan dilakukan selama dua hari melalui metode ceramah, diskusi dan pelatihan (praktik) pembuatan media pembelajaran interaktif. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan: 1) peserta aktif mendengar dan berdiskusi terkait materi yang disampaikan, 2) peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan praktik membuat media pembelajaran interaktif. Selain itu, selama pelatihan berlangsung ada beberapa kendala yang dihadapi, di antaranya yaitu peserta belum terbiasa memanfaatkan teknologi dan keterbatasan waktu. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa peserta sudah mampu membuat media pembelajaran interaktif, hanya saja beberapa guru memerlukan waktu lebih banyak untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Edureligia), 2 (2), 94-100. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/download/459/319
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. Itqan, 8 (2), 145-166. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107
Listiyoningsih, S., Hidayati, D., & Winarti, Y. (2022). Strategi Guru Menghadapi Transformasi Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (2b), 655-662. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/389
Zabidi, A. (2019). Kreativitas guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran PAI di sd sekecamatan bawen kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3 (2), 128-144. http://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/134/97
Sri, M. I., Wayan , I., A., & Ratih, D. N. (2007). Penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11 (1), 25-36. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/29316
Juhaeni, Saffaruddin, & Prisma, Z. S. (2021). Articulate storyline sebagai media pembelajaran interaktif untuk peserta didik madrasah ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (2), 150-159. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/22665
Kurniawan, A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di SMP Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur. Jurnal Teknodik, 23 (1), 55-64.https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/369/444
Syaulan, L.H., Victoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala guru memanfaatkan media it dalam pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3 (2), 131 - 140. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/viewFile/8579/3601
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4 (2), 211-221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/38941
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14923
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.