Pemanfaatan Informasi dan Teknologi Komunikasi di Pesantren Mizanul Ulum

Dolly Indra, Erick Irawadi Alwi

Abstract


Pesantren Mizanul Ulum mempunyai permasalahan dalam kegiatan pendidikan yaitu model pembelajaran  yang diberikan guru kepada para santri bersifat konvensional dan belum memanfaatkan teknologi komputer. Pengabdian yang kami lakukan bertujuan agar mitra mendapat pengetahuan tentang manfaat informasi dan teknologi komunikasi dengan cara melakukan  sosialisasi  dan pelatihan kepada para guru.  Sosialisasi dan pelatihan  modul pembelajaran terdiri dari pembelajaran Word, Excel, Power Point dan penggunaan Google Forms. Untuk mengetahui hasil dari sosialisasi ini, kami melakukan evaluasi terhadap guru melalui pretest dan posttest dengan jumlah soal sebanyak 30 soal dengan skor maksimal 30. Peserta yang terlibat dalam sosialisasi sebanyak 16 orang guru. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa skor pretest adalah 334 dan skor posttest adalah 414. Rata-rata skor pretest adalah 20,875 dan posttest adalah 25,875 sedangkan skor pretest maksimum adalah 26 dan posttest adalah 28, skor minimum untuk pretest adalah 15 dan posttest adalah 23. Kegiatan sosialisasi yang kami lakukan ini pada Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone Kabupaten Takalar mampu meningkatkan pengetahuan para guru.


Keywords


sosialisasi; teknologi informasi; komunikasi; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akhwani, D. M. S. (2018) ‘Sosialisasi Urgensi Etiket Digital Bagi Santri Zaman Now Di Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati Kabupaten Magetan’, Community Development Journal, 2(1), pp. 93–102.

Amalia, I. (2020) ‘Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(2), pp. 152–155. doi: 10.31004/jpdk.v2i1.900.

Fahrizandi, F. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan’, Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), p. 63. doi: 10.29240/tik.v4i1.1160.

Firnanda, D. et al. (2022) ‘Sosialisasi Pengoperasian Microsoft Office Word dan Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Pada Anak-Anak SD dan SMP di Kampung Wangun’, Praxis: Jurnal, 2(1), pp. 1–11. Available at: http://pijarpemikiran.com/index.php/praxis/article/view/57.

Huda, I. A. (2020) ‘Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), pp. 121–125. doi: 10.31004/jpdk.v1i2.622.

Indra, D., Mansyur, U. and Satra, R. (2019) ‘Pemanfaatan Information And Comunication Technology (ICT) Pada SLB Negeri 2 Makassar’, Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), pp. 84–89. doi: 10.37541/celebesabdimas.v1i2.179.

Kahfi, S. and Kasanova, R. (2020) ‘Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro)’, Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), pp. 26–30.

Karimatus Saidah et al. (2021) ‘Sosialisasi Peran Apersepsi Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak Di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kediri’, Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 10–16. doi: 10.29407/dedikasi.v1i1.16065.

Marieska, M. D. et al. (2019) ‘Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang’, Prosiding Annual Research Seminar 2019 : Computer Science and ICT, 5(2), pp. 7–10.

Nasution, N. . (2020) ‘Lembaga Pendidikan Islam Pesantren’, Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(1), pp. 36–52.

Pramungkas, P. R. (2020) ‘Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Information Communication Technology (ICT) Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Lingkungan Pesantren’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), pp. 1–18. Available at: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/afkarina/article/view/1402.

Pribadi, R. ., Zaenab, S. and Despriyanti, R. (2021) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 07(02), pp. 552–567.

Rahmawati, D., Lumakto, G. and Danial Kesa, D. (2020) ‘Generasi Digital Natives dalam Praktik Konsumsi Berita di Lingkungan Digital’, Communications, 2(2), pp. 74–98. doi: 10.21009/communications.2.2.5.

Syafrudin et al. (2020) ‘Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan di Bidang TIK bagi Guru SD Negeri Leseng Moyo Hulu’, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), pp. 228–232.

Syamsul Bakhri, Teddy Dyatmika and M. Rikzam Kamal (2020) ‘Pengaruh Kemampuan Menggunakan Teknologi Komunikasi, Sosialisasi Media Pembelajaran Online, Dukungan Keluarga Dan Pengajar Terhadap Keaktifan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19’, Mediakita, 4(1), pp. 19–36. doi: 10.30762/mediakita.v4i1.2445.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.
 
slot gacor slot