Sistem Tes Potensi Wirausaha Berbasis Website untuk Siswa Kelas Enterpreneur Pondok Pesantren Darut Tilawah Ponorogo

Khoiru Nurfitri, Indah Puji Astuti

Abstract


Entrepreneurship sedang marak diperbincangkan di berbagai forum bahkan hampir seluruh dunia. Pondok Pesantren Darut Tilawah di Desa Muneng Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo merupakan pondok pesantren modern yang telah mengintegrasikan kurikulum berbasis proyek kewirausahaan (Entrepreneurship) dalam kurikulum utamanya. Pondok Pesantren Darut Tilawah memiliki komitmen untuk mendidik putra-putri menjadi pemimpin masa depan dengan bekal adab islami, hafalan Qur’an dan hadits, ilmu pengetahuan serta praktik kewirausahaan. Berkaitan dengan program kewirausahaan di Pondok Pesantren Darut Tilawah, pihak pondok selalu melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan program tersebut. Salah satu upaya yang ingin dilakukan yakni penjaringan calon siswa kelas entrepreneur. Adapun penjaringan ini dilakukan dengan cara mengadakan tes untuk mengetahui potensi wirausaha pada calon siswa. Pengurus pondok memiliki harapan untuk tes potensi wirausaha diselenggarakan dengan model digitalisasi yaitu dalam bentuk tes online. Pengabdian yang akan dilakukan yaitu bagaimana penerapan sistem ujian online untuk keperluan tes potensi wirausaha di kelas entrepreneur Pondok Pesantren Darut Tilawah Ponorogo. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini mampu merealisasikan pengembangan tes potensi wirausaha dengan basis website untuk siswa Pondok Pesantren Darut Tilawah. Tim pengabdian juga melaksanakan sosialisasi serta pelaksanaan tes Bersama dengan pengurus pondok serta siswa siswi pondok pesantren. Dengan adanya sistem ini pengurus pondok merasa lebih mudah dalam mengetahui potensi wirausaha yang dimiliki siswa atau calon siswa khususnya pada kelas entrepreneur. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya sistem ini hasil tes dapat langsung diketahui setelah siswa selesai mengerjakan tes.

Keywords


kewirausahaan; tes potensi wirausaha; tes online

Full Text:

PDF

References


Durahman, N., Noer, Z. M., & Hidayat, A. (2019). Aplikasi Seminar Online (Webinar) untuk Pembinaan Wirausaha Baru. JUMIKA (Jurnal Manajemen Informatika), 6 (2).

Gestanti, R. A., Nimasari, E. P., Nurfitri, K., & Cobantoro, A. F. (2023). Designing Prototype Product of English Test Book Materials for Indonesian Tertiary Students. International Social Sciences and Humanities, 2(1), 149–156.

Haryanto, R. (2017). Menumbuhkan Semangat Wirausaha Menuju Kemandirian Ekonomi Umat Berbasis Pesantren. (Studi Kasus di PP Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan). Nuansa, 14(1).

Hidayat, T. (2021). Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang Guru Prakarya dan Wirausaha SMP. Guepedia.

Nurfitri, K., Zulkarnain, I. A., & N, N. (2020). Optimalisasi Layanan Informasi dan Administrasi Sanggar Kegiatan Belajar Ponorogo kepada Masyarakat. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 4(1), 49. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v4i1.186

Purwaningsih, D. (2021). Pentingnya Motivasi dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. ETNIK: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 1(2), 69–72. https://doi.org/10.54543/etnik.v1i2.16

Suwena, K. R. (2016). Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai Pondasi untuk Mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 651–660. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385

Sunanto, H. A. (2016). (Rancang Bangun Aplikasi Tes Kecerdasan Umum, Tes Minat dan Tes Entrepreneurial Talent Berbasis Web (Studi Kasus : Universitas Ciputra). SNAPTI.

Suranto, Setiawan, E. Santosa, T. B. (2017). Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) Menghasilkan Calon Wirausaha Baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional IENACO.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.