Pendampingan Usaha Mikro Penjahit dengan Pemanfaatan Papan Identitas dan Media Sosial sebagai Media Promosi
Abstract
Kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) tingkat universitas yang bermitra dengan Penjahit “Cikar Gale”. Program ini merupakan pendampingan usaha untuk usaha mikro jasa penjahit pakaian di Pangkalpinang. Pendampingan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan promosi usaha melalui penggunaan papan identitas usaha (signboard) dan media sosial. Pendampingan usaha dilakukan dengan membuat papan identitas usaha (signboard) dan media sosial. PKM ini penting dilakukan mengingat bahwa mitra adalah perempuan tulang punggung keluarga yang juga memperkerjakan perempuan tanpa suami dan tanpa penghasilan tetap. Metode PKM dilaksanakan dengan metode pendampingan. Hasil akhir dari PKM ini diharapkan mitra memiliki papan identitas dan media sosial. Evaluasi dilakukan dengan wawancara dan observasi akhir kepada mitra yang berisi saran dan masukan untuk memperbaiki yang masih perlu dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbasi, A, G., Abdul Rahim, N. F., Wu, H., Iranmanesh, M., & Keong, B. N. C. (2022). Determinants of SME’s Social Media Marketing Adoption: Competitive Industry as a Moderator. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440211067220.
Budiyanto, T. (2020). Strategi Pemasaran UKM Wanita Aisyiah Muhammadiyah Bali. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Masyarakat : Teknologi dan Aplikasi), 1(1), 17. https: http://doi.org/10.12928/spekta.v1i1.2649.
Christianingrum, Saputra, D., Yusuf, & Ulyana, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. Ikraith-adima, 4(1), 74–80.
Gunawan, B., Sedayu, K., & Bantul, K. (2021). DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Wahid Hasyim , Nologaten Kodya , 789–798.
Harianie, L., Shinta, S., Biarrohmah, L., Rohmah, L. H., & Maslahah, W. (2020). Pendampingan Ibu-Ibu PKK Kecamatan Lowokwaru Malang melalui Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati sebagai Pengendalian Hama Sayuran Hidroponik. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 175–184. https://doi.org/10.30653/002.202 051.274.
Melinda, Sylvia. (2017). Efektivitas Billboard dan Signboard sebagai Media Promosi Suroboyo Carnival Park. Jurnal E-Komunikasi, Vol. 5, No. 1. Universitas Petra Surabaya.
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586.
Rudiyanto, G., Eveline, C, S., & Udarnato. (2014). Papan Nama Sebagai Media Komunikasi Visual Pemasaran Kelom Geulis Di Tasikmalaya. Dimensi, Vol. 11, No. 2, September 2014.
Yuliastuti, P. (2021). The Impact of Relationship Marketing on Customer Loyalty at Plaza Toyota Workshop Bandung. International Journal of Scientific Research in Science and Technology, 56–70. https://doi.org/10.32628/ijsrst21826.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.