Penerapan Pencetak Coklat pada UMKM Coklat Tin

Erlyna Wida Riptanti, Raden Kunto Adi, Harini Harini, Heru Irianto, Nindyah Widyamurti, If Bambang Sulistyono

Abstract


Coklat disukai dari anak-anak sampai dewasa baik dalam bentuk minuman, permen, roti, snack, dan olahan coklat. Produk olahan coklat dari produsen skala nasional yang beredar di pasaran relatif banyak sehingga meningkatkan persaingan yang cukup kompetitif. UMKM Coklat Tin merupakan salah satu UMKM yang memproduksi coklat. Permasalahan yang dihadapi adalah bentuk produk tidak terstandar dan belum mencerminkan ciri khas. Tujuan kegiatan pengabdian adalah menerapkan pencetak coklat sehingga bentuk produknya terstandar dan mempunyai ciri khas. Metode kegiatan secara partisipatif dengan pelibatan yang besar pada mitra. Tim Pengabdi mendiskusikan pencetak coklat yang memenuhi kriteria ukuran terstandar dan berciri khas. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa alat pencetak coklat yang diintroduksikan dalam pembuatan coklat di mitra dapat digunakan sesuai harapan. Mitra tidak mengalami kendala dalam memproduksi ukuran yang terstandar. Ukuran yang terstandar memudahkan dalam proses pengemasan. Coklat yang dibentuk memiliki ciri khas terdapat huruf timbul tulisan coklat tin. Manfaat lainnya adalah berkurangnya risiko kerusakan dan meningkatkan efisiensi penggunaan waktu kerja.


Keywords


ciri khas; ukuran standar; risiko kerusakan

Full Text:

PDF

References


Anam, C., & Riptanti, E. W. (2017). Introduksi Booth Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness Kue Leker Menuju UKM Naik Kelas. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 68-76.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 215-221.

Aristio, A., Wijaya, A., Laudry, D., Tjiputra, G. A., Kristopher, I., Widjanarko, K., Tan, V., & Marchalina, L. (2019). Pendampingan Usaha Kecil dan Menengah Donat Kentang dalam Peningkatan Efisiensi, Produktivitas, dan Pendapatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 379-392.

Baringbing, I. J., Rini, W. N. E., & Putri, F. E. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Higiene Penjamah Makanan pada Pangan Industri Rumah Tangga di Kecamatan Geragai Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi, 7(1), 31-40.

Bintama, F. A., & Rosiana, N. (2023). Peningkatan Produk Olahan Kakao Melaluioptimalisasistrategi Pemasaran (Kasus : Pabrik Mini Chokato, Kota Payakumbuh). Jurnal Agribisains, 9(1), 15-27.

Fatkhurrohman, A., & Subawa. (2016). Penerapan Kaizen Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury PT Bridgestone Tire Indonesia. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 14-31.

Hadi, P., & Sumarto. (2010). Pentingnya Brand Loyalty Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 9-18.

Hanafi, R. U., & Tinaprilla, N. (2017). Daya Saing Komoditas Kakao Indonesia di Perdagangan Internasional. Forum Agribisnis, 7(1), 1-20.

Kase, M. S., Babulu, N. L., & Redjo, P. R. D. (2022). Perbedaan Omzet Penjualan Umkm Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Sebatik, 26(1), 300-305.

Khomah, I., Harisudin, M., Nurhidayati, I., Riptanti, E. W., & Qonita, R. A. (2023). Pentingnya Peningkatan Daya Saing Ukm Melalui Inovasi Olahan Bandeng Presto. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 211-219.

Kusnandar, Harisudin, M., Riptanti, E. W., Khomah, I., Setyowati, N., & Qonita, R. A. (2023). Peningkatan Kualitas Produk UKM “Peyek Bunder” Melalui Introduksi Teknologi Tepat Guna Spinner. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 44-55.

Mineri, N. E. (2014). Penerapan Risk - Based Audit Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Produksi Pada PT. Kindo Asia Tama. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1-18.

Putra, K. E. D. A., & Rastin, N. M. (2023). Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Perusahaan Pod Chocolate. E-JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 12(1), 1-9.

Rahardiputra, A. A. G. B., & Sarjana, I. M. (2020). Akibat Hukum Kontrak Perjanjian Konsinyasi antara Distributor dengan Supplier Snack Taksu Bali. Jurnal Kertha Negara, 8(11), 44-55.

Riptanti, E. W., Kusnandar, Khomah, I., & Qonita, R. R. A. (2022). The Application of Appropriate Technology for Basreng Crackers Dough Mixer Machine for Home Industry Development. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 6(1), 62-70.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

Satyarini, R. (2016). Strategi Diferensiasi sebagai Alat untuk Memenangkan Persaingan pada Industri Kreatif di Bandung. Bina Ekonomi, 20(1),47-56.

Statistika. (2022). Tingkat Konsumsi Coklat tahun 2021. Goodstats.

Supardi & Dharmanto, A. (2020). Analisis Statistical Quality Control Pada Pengendalian Kualitas Produk Kuliner. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(2), 199-210.

Tresliyana, A., Fariyanti, A., & Rifin, A. (2015). Daya Saing Kakao Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Managemen dan Agribisnis, 12(2), 150-162.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.16233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.
 
slot gacor slot