Pendampingan Pemahaman Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA/SMK/MA Kota Metro

Rudi Santoso, Arif Fikri

Abstract


Rohis merupakan bagian dari organisasi intra sekolah yang dapat menjadi salah satu media untuk pembinaan moral dan akhlak Islami, dan pribadi yang tangguh menghadapi masa depan. Oleh karena itu visi Rohis adalah menghidupkan dakwah Islam yang kondusif. Sedangkan misi Rohis adalah memberikan pendidikan dan pelatihan tentang keislaman dan organisasi serta optimalisasi dakwah. Aktivis Rohis merupakan kader-kader yang militan. Salah dalam melakukan pembinaan maka akan menghasilkan kader militan yang berpaham salah. Metode yang digunakan oleh pengabdi adalah Participatory Action Research (PAR). Lokasi pengabdian berada di Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Metro, Sekolah Menengah Atas Kartikatama Metro dan SMK 2 Muhammadiyah Metro. Pengabdian melalui 3 tahapan yaitu Pendampingan Tahap I (Interpreting and Exemplifying), Pendampingan Tahap II (Classifying and Summarizing), Pendampingan Tahap III (Comparing and Explaining) dan tahap evaluasi dilakukan melalui pra-pengabdian hasil dari pre-test didapatkan hasil pemahaman terkait moderasi nilai tertinggi 68 dan nilai terendah 44 maka nilai rata-rata 52,3, sedangkan pada tahap post-test didapatkan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 60 maka nilai rata-rata 75. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman para kader rohis tentang moderasi beragama semakin meningkat, kader rohis dapat membandingkan dan mendeteksi perbedaan moderasi beragama.

Keywords


pemahaman; moderasi; rohis

Full Text:

PDF

References


Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Menara Ilmu. 14(1).

Aniqoh, dkk. (2021). Pengaruh Kegiatan Organisasi Rohis Dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Siswa Sma Negeri 4 Purworejo. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam dan Keagamaan, 3(1).

Azra, A. (2020). Moderasi Islam Di Indonesia dari Ajaran, Ibadah, Hingga Prilaku. Jakarta: Kencana.

Casram. (2016). Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1(2).

Carin & Sund. (1990). Teaching Science Through Discovery. New York: Merrill Publishing Company.

Costa. (2014). Choosing The Right Asessment Method Pre-test/ Post-test Evaluation. Boston University.

Dorothy, H. G. (1979). To Day Elementary Social Studies. Chicago: Nelly Collage Publish Company.

Fakih, M. (2007). Menggeser Konsepsi Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://pendis.kemenag.go.id/read/panduan-rohis-solusi-implementasi- moderasi-beragama-di-sekolah

https://rembang.kemenag.go.id/pendidikan-madrasah/rohis-agar-jadi-sarana-penguatan-moderasi-beragama/

Janah, S. M. (2021). Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI Kurikulum 2013. Skripsi. IAIN Ponegoro.

Kementerian Agama RI. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian RI Bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Reason, P., & Bradbury, H. (2008). The Sage Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice. California: Sage.

Saputra, M. A. (2021). Toleransi Beragama di Kalangan Kelompok Rohis di SMA/MA Kota Palopo. Mimikri: Jurnal Agama dan Kebudayaan, 7(2).

Shihab, A., (1999). Islam Inklusif. Bandung: Mizan.

Sudijono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group.

Umar, N. (2019). Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.18048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.