Implementasi Kode Etik Guru untuk Meningkatkan Profesionalisme Pendidik

Maryanto Maryanto, Sapto Budoyo, Listyaning Sumardiyani, Muh. Isna Nurdin Wibisana

Abstract


Pendidikan Indonesia mengalami banyak kemajuan, namun upayanya masih belum maksimal. Hal ini terkendala masalah-masalah, seperti kurangnya kesejahteraan tenaga pengajar, minimnya akses terhadap pendidikan, hingga rendahnya tingkat pengetahuan dan ekonomi masyarakat. Hasil pretest tentang pemahaman kode etik guru terkait profesionalitas pendidik dalam kategori baik yaitu rata-rata 83,45. Hasil pretest di atas, tim pengabdian meyakini pemahaman kode etik guru dapat ditingkatkan dengan cara penyuluhan dan sosialisasi terpadu sehingga profesionalisme pendidik dapat dijalankan dengan maksimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dua hari di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dengan menggunakan metode seminar. Jumlah peserta yaitu 43 responden dengan metode pretest-posttest dengan pemberian materi ditengah-tengah kegiatan. Alat ukur pretest dan posttest menggunakan instrumen kuesioner tertutup tentang pemahaman kode etik guru. Hasil tingkat pemahaman kode etik guru dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup terdapat hasil peningkatan pretest dan posttest sebesar 6% setelah diberikan penyuluhan dan penguatan kode etik guru untuk peningkatan profesionalisme pendidik. Implementasi kode etik guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme pendidik dalam proses pendidikan di Indonesia. Dengan menerapkan kode etik, guru-guru dapat membangun landasan yang kokoh untuk praktik pendidikan yang beretika, menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan bermartabat bagi siswa.


Keywords


kode etik; pendidik; guru; profesionalisme; pengabdian

Full Text:

PDF

References


Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu …. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/6291

Billingsley, B., & Bettini, E. (2019). Special Education Teacher Attrition and Retention: A Review of the Literature. Review of Educational Research, 89(5), 697–744. https://doi.org/10.3102/0034654319862495

Fernández-Batanero, J. M. (2022). Digital competences for teacher professional development. Systematic review. European Journal of Teacher Education, 45(4), 513–531. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1827389

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1 (2003).

Kiptiyah, M., Sukarno, S., & ... (2021). Sejarah Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia (Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam). Jurnal …. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/256

Lukman. (2021). Effective teachers’ personality in strengthening character education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 512–521. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21629

Marjuni, A. (2020). Peran dan fungsi kode etik kepribadian guru dalam pengembangan pendidikan. Pendidikan Kreatif. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpk/article/view/14210

Maryanto, M., Khoiriyah, N., & Purwosaputro, S. (2022). Politik Hukum Dalam Pembentukan Kode Etik Guru Indonesia Sebagai Sarana Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kota Semarang. Jurnal Meta-Yuridis, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.26877/m-y.v5i1.11191

Nasution, T., Khoiri, N., & ... (2022). Perbedaan Sistem Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia Dan Singapura. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4971

Pengky, P., Octavia, O., Seruyanti, N., & ... (2023). Fluktuasi Pembelajaran-Peziarahan-Profesionalitas-Kode Etik Guru di Indonesia. Jurnal Pengajaran …. https://journals.eduped.org/index.php/jpsd/article/view/335

Silalahi, A. B., Sitompul, E., & Naibaho, D. (2023). Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme. Jurnal Pendidikan Sosial Dan …. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/250

Subandi. (2011). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179.

Tompul, V. B. R., Sari, A. R., & ... (2022). Mengenal Etika Dan Etiket Pendidik Profesional Dalam Pendidikan Karakter Di Indonesia. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7868

Warwas, J. (2018). Professional learning communities among vocational school teachers: Profiles and relations with instructional quality. Teaching and Teacher Education, 73, 43–55. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.012

Zaidan, M., Darmiyanti, A., & ... (2023). Implementasi Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Strategi Dan Prinsip–Prinsip Profesionalisme di Lembaga Pendidikan Islam. … Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4142




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.18127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.