Implementasi Kode Etik Guru untuk Meningkatkan Profesionalisme Pendidik
Abstract
Pendidikan Indonesia mengalami banyak kemajuan, namun upayanya masih belum maksimal. Hal ini terkendala masalah-masalah, seperti kurangnya kesejahteraan tenaga pengajar, minimnya akses terhadap pendidikan, hingga rendahnya tingkat pengetahuan dan ekonomi masyarakat. Hasil pretest tentang pemahaman kode etik guru terkait profesionalitas pendidik dalam kategori baik yaitu rata-rata 83,45. Hasil pretest di atas, tim pengabdian meyakini pemahaman kode etik guru dapat ditingkatkan dengan cara penyuluhan dan sosialisasi terpadu sehingga profesionalisme pendidik dapat dijalankan dengan maksimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dua hari di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dengan menggunakan metode seminar. Jumlah peserta yaitu 43 responden dengan metode pretest-posttest dengan pemberian materi ditengah-tengah kegiatan. Alat ukur pretest dan posttest menggunakan instrumen kuesioner tertutup tentang pemahaman kode etik guru. Hasil tingkat pemahaman kode etik guru dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup terdapat hasil peningkatan pretest dan posttest sebesar 6% setelah diberikan penyuluhan dan penguatan kode etik guru untuk peningkatan profesionalisme pendidik. Implementasi kode etik guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme pendidik dalam proses pendidikan di Indonesia. Dengan menerapkan kode etik, guru-guru dapat membangun landasan yang kokoh untuk praktik pendidikan yang beretika, menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan bermartabat bagi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu …. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/6291
Billingsley, B., & Bettini, E. (2019). Special Education Teacher Attrition and Retention: A Review of the Literature. Review of Educational Research, 89(5), 697–744. https://doi.org/10.3102/0034654319862495
Fernández-Batanero, J. M. (2022). Digital competences for teacher professional development. Systematic review. European Journal of Teacher Education, 45(4), 513–531. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1827389
Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1 (2003).
Kiptiyah, M., Sukarno, S., & ... (2021). Sejarah Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia (Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam). Jurnal …. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/256
Lukman. (2021). Effective teachers’ personality in strengthening character education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 512–521. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21629
Marjuni, A. (2020). Peran dan fungsi kode etik kepribadian guru dalam pengembangan pendidikan. Pendidikan Kreatif. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpk/article/view/14210
Maryanto, M., Khoiriyah, N., & Purwosaputro, S. (2022). Politik Hukum Dalam Pembentukan Kode Etik Guru Indonesia Sebagai Sarana Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kota Semarang. Jurnal Meta-Yuridis, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.26877/m-y.v5i1.11191
Nasution, T., Khoiri, N., & ... (2022). Perbedaan Sistem Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia Dan Singapura. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4971
Pengky, P., Octavia, O., Seruyanti, N., & ... (2023). Fluktuasi Pembelajaran-Peziarahan-Profesionalitas-Kode Etik Guru di Indonesia. Jurnal Pengajaran …. https://journals.eduped.org/index.php/jpsd/article/view/335
Silalahi, A. B., Sitompul, E., & Naibaho, D. (2023). Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme. Jurnal Pendidikan Sosial Dan …. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/250
Subandi. (2011). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179.
Tompul, V. B. R., Sari, A. R., & ... (2022). Mengenal Etika Dan Etiket Pendidik Profesional Dalam Pendidikan Karakter Di Indonesia. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7868
Warwas, J. (2018). Professional learning communities among vocational school teachers: Profiles and relations with instructional quality. Teaching and Teacher Education, 73, 43–55. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.012
Zaidan, M., Darmiyanti, A., & ... (2023). Implementasi Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Strategi Dan Prinsip–Prinsip Profesionalisme di Lembaga Pendidikan Islam. … Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4142
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.18127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.