PKM Steam Corner pada Guru-Guru PAUD di Jawa Tengah

Muniroh Munawar, Nur Cholifah, Yuris Setyoadi, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti

Abstract


Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan satu upaya yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga usia enam tahun. Pendidikan dan pembiasaan merangsang otak anak untuk menerima pendidikan, sehingga pendidikan yang dimulai sejak dini berbeda. Dalam pertumbuhan fisiologis, anak PAUD membutuhkan permainan. Bermain meregenerasi saraf neurogenik di mana saraf ini merangsang kekuatan otak dan berkembang pesat. Namun pada kenyataannya, tidak ada alat permainan penelitian ilmiah. Banyak guru PAUD yang masih berjuang untuk melakukan penelitian ilmiah dalam pembelajaran. Selain itu, di lembaga PAUD, tidak banyak pembelajaran  yang dapat diserap oleh pendidikan berbasis STEAM, dan tidak ada alat bermain konstruktif berupa KIT yang diintegrasikan ke dalam pendidikan STEAM. Salah satu mainan yang dapat merangsang otak, seperti STEAM corner, merupakan mainan konstruktif sebagai media pengenalan penelitian ilmiah sejak dini. Hasil pengabdian yang dilakukan oleh Tim Pengabdian UPGRIS di antaranya Mitra mampu mengoperasikan alat permainan STEAM corner dan memanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah untuk menyimulasikan dan mengeksplorasi aktivitas siswa sehari-hari dengan menggunakan STEAM Corner.


Keywords


STEAM; corner; guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Bahrum, S., Wahid, N., & Ibrahim, N. (2017). Integration of STEM education in Malaysian and why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 645-654

Counsell, S., Escalada, L., Geiken, R., Sander, M., Uhlenberg, J., Van Meeteren, B., & Zan, B. (2015). STEM learning with young children: Inquiry teaching with ramps and pathways. Teachers College Press Sciences, 116, 2120-2124.

Gutama. (2018). Konsep Dasar PAUD. BAN PAUD PNF. Jakarta: (http://www.banpaudpnf.or.id) diakses tanggal 10 Agustus 2018

Henniger, M. L. (2017). Free-Play Behaviours of Nursery Schoolchildren in an Indoor and Outdoor Environment. In celebration of play (pp. 100-118). Routledge.

Henriksen, D. (2014). Full STEAM ahead: Creativity in excellent STEM teaching practices. The STEAM journal, 1(2), 15

Kemendikbud. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Kurikulum PAUD. Jakarta: Dirjen PAUD Dikmas Direktorat Pembinaan PAUD

Komnas Perlindungan Anak. (2012), www.progresio.muhardi.com. Diakses Tanggal 27 Desember 2021

Latif, M., dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

National Research Council. (2012). A framework for K-12 science education: Practices, crosscutting concepts, and core ideas. National Academies Press.

Peterson, S. M., & French, L. (2008). Supporting young children's explanationsthrough inquiry science in preschool. Early childhood research quarterly, 23(3),395-408.

Radziwill, N. M., Benton, M. C., Moellers, C. (2015). From STEM to STEAM: Reframing what it means to learn. The STEAM Journal, 2(1). Retrieved from http://scholarship.claremont.edu/steam/vol2/iss1/3

Rubin, K. H., & Howe, N. (1985). Toys and play behaviors: An overview. Topics in Early Childhood Special Education, 5(3), 1-9.

Sharapan, H. (2012). From STEM to STEAM: How early childhood educators can apply Fred Rogers' approach. YC Young Children, 67(1).

Sim, J., Lee, Y., & Kim, H. K. (2015). Understanding STEM, STEAM education, and addressing the issues facing STEAM in the Korean context. Journal of the Korean Association for Science Education, 35(4), 709-723.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.

Sullivan, P., & McCartney, H. (2017). Integrating 3D printing into an early childhood teacher preparation course: Reflections on practice. Journal of Early Childhood Teacher Education, 38(1), 39-51.

Undang-Undang Sikdiknas Edisi Terbaru 2012. Bandung; Fukosindo.

Vollstedt, R., Gore, N., Takhvar, M., & Smith, P. K. (2017). Play in young children: Problems of definition, categorisation and measurement. In Children's Play (pp. 3956). Routledge.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.18245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.