Penguatan Literasi Membaca Melalui Program (LASITA) di SDN Pela
Abstract
Tujuan dari Pengabdian masyarakat ini adalah dalam rangka melakukan penguatan Literasi membaca melalui Program Literasi sambil Wisata (LASITA) dengan Sasaran siswa Kelas 3 dan 4 SD kegiatan dilaksanakan di Kelas dan di Bendungan Pelaparado sebagai Lokasi Wisata. Kegiatan ini sangat membantu dan memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkat daya baca serta kegiatan belajar yang menyenangkan di alam bebas. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 bulan sejak Agustus sampai September 2023. Adapun Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Pendampingan langsung di Lapangan bersama Guru Kelas. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi di sekolah bersama Guru, kemudian Identifikasi membaca siswa, praktik membaca teks kemudian terakhir membaca Gambar yang diberikan oleh Tim kemudian di Tulis. Berdasarkan uraian hasil dan pembahasan diatas, bahwa penguatan Literasi membaca dan menulis sambil Wisata dapat menumbuhkan minat membaca menulis siswa serta dapat meningkatkan nilai kebersamaan, tanggungjawab dan etos kerja bagi siswa. Kemudian program LASITA dapat memberikan konsep baru bagi sekolah dalam melakukan penguatan literasi berbasis wisata pendidikan di lokasi-lokasi wisata terdekat. Progam LASITA dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti: (1) membaca gambar, menulis dan menceritakan kembali sebagaimana alur gambar yang diamati; (2) kegiatan menulis dan melengkapi nama-nama benda dan hewan; (3) mencocokkan kata dan gambar berbantuan permainan Harta Karun; dan (4) permainan dan menyanyi bersama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andika Aldi Setiawan, A. S. (2017). Penguatan literasi siswa sekolah dasar melalui kunjungan perpustakaan. 2015, 24–30.
Anggraeni, P. R., & Kunci, K. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca Pages 132-142 The Implementation of School Literacy Policy to Improve Reading Character. 132–142.
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah: Dari Pucuk Hingga Akar.
Aritonang, B. D., Citra, I. A., Putu, N., & Tirta, D. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK SD. Pedalitra I, 297–309.
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Atmazaki. Nur Berlian Venus Ali, W. M. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional (Luh Anik Mayani (ed.)). Tim GLN Kemendikbu.
Boyani, N. M., Seran, M. D., Tani, D. F. N., Kuabib, S. L., Tinenti, K. F., Fromin, J. K. D., Leku, O. R., & Edo, S. M. R. (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran Amancalistung di Pendidikan Anak Sekolah Dasar Assistance for Strengthening Literacy in Amancalistung Learning in Elementary School Children ’ s Education. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 132–138.
Dewi Nirmala, S., Rahman, R., & Musthafa, B. (2018). Sri Dwi Nirmala, Students’ Elementary Literacy Skill And Critical Thinking Skill Supported By School Literacy Program (SLP). Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 1(2).
Didiharyono, B. Q. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. TO MAEGA; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17.
Hadi Suwono. (2016). Education in the 21 th Century: Responding to Current Issues School Literary Movement in Indonesia: Challenges for Scientific Literacy. Education in the 21th Century: Responding to Current Issues School.
Juniyanto, A., Mahmudah, F. N., Pendidikan, M., Sarjana, P. P., Dahlan, U. A., & Mahmudah, N. (2022). PENGUATAN LITERASI NUMERASI BERBASIS PROGRAM PEMBIASAAN DI SD STRENGTHENING NUMERATIONAL LITERATURE BASED ON. Pedagogi; Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(November), 115–124.
Kemendikbud. (2016). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa (Mari Menjadi Bangsa Pembaca).
Kemendikbud, Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., Novirina, Widjaja, I., Hijriani, I., Raziqiin, K., & Zaenuri, M. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In Mobile Devices: Tools and Technologies (Issue 2). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=xss9DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+unity&ots=8jiXmjqV6g&sig=F762ZZVgGQ1rzOdDvQmGTPskMcE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false%0Ahttp://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Litera
Puspita, A. M. I. (2019). Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar [Role Of Literation Culture On The Improvement Of Elementary School Student Characters]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 105. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.2032
Rahayu, D. M. (2013). the Role of Unesco Towards Literacy Program in Indonesia (2006-2011) (Issue January) [President University]. http://repository.president.ac.id/handle/123456789/1552
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Setyawan, D., & Gusdian, R. I. (2020). Penguatan Habitus Literasi; Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS). E-DIMAS; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 299–306.
Sofie Dewayani, Pratiwi Retnaningdyah, Dicky Susnto, Trisno Ikhwanudin, F. F. (2021). PANDUAN PENGUATAN LIERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH (S. Handini (ed.)). Setditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbud.
Walipah, E., Sopandi, W., & Sujana, A. (2020). The 2 nd International Conference on Elementary Education. School Literacy Movement in the Industrial Revolution Era 4.0 in Building Speed Reading Skills, 1763–1770.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.