Peningkatan Penjualan Usaha Ekonomi Kreatif Akrilik Melalui Website

Gunawan Gunawan, Sunaryo Winardi, Frans Mikael Sinaga, Rizki Azzura Saifani Purba, Davin Tanidi, Filbert Filbert

Abstract


Usaha kerajinan akrilik “Sekuntoem”, yang dipimpin oleh Saudari Santi di Medan, didirikan pada tahun 2021 dan dijalankan oleh satu orang. Meskipun rata-rata melayani 20 transaksi per bulan, Sekuntoem menghadapi tantangan persaingan yang mengharuskannya untuk meningkatkan brand awareness. Solusi yang disediakan adalah pengembangan website yang akan menawarkan fitur custom design bagi pelanggan. Fitur unik ini memungkinkan pelanggan untuk mendesain produk akrilik mereka sendiri. Dengan pendekatan rekayasa perangkat lunak dan paradigma prototyping, aktivitas yang terlibat meliputi identifikasi kebutuhan, pengembangan wireframe, pembangunan prototipe, pengujian, dan implementasi, juga memberikan pelatihan kepada admin untuk menggunakan modul-modul website. Pemeliharaan website akan terus dilakukan untuk memastikan keberlanjutan pengembangan di masa depan.


Keywords


kerajinan akrilik; pembangunan website; brand awareness; custom design

Full Text:

PDF

References


Agung, A. (2021). The Fundamental of Digital Marketing. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=tzc1EAAAQBAJ

Arnetta. (2022, March 25). 5 Alasan Pentingnya Memiliki Website untuk Bisnis. Dailysocial. https://dailysocial.id/post/pentingnya-website-untuk-bisnis

Chandra, S., Verma, S., Lim, W. M., Kumar, S., & Donthu, N. (2022). Personalization in personalized marketing: Trends and ways forward. Psychology & Marketing, 39(8), 1529–1562. https://doi.org/10.1002/mar.21670

Jussani, A. C., Vasconcellos, E. P. G. de, Wright, J. T. C., & Grisi, C. C. de H. e. (2018). Marketing internationalization: influence factors on product customization decision. RAUSP Management Journal, 53(4), 555–574. https://doi.org/10.1108/RAUSP-07-2018-0043

Klopmart. (2022, September 30). Apa Itu Akrilik? Kelebihan, Jenis-Jenis beserta Harga. Klopmart. https://www.klopmart.com/article/detail/apa-itu-akrilik

Laurent, G., Kapferer, J.-N., & Roussel, F. (1995). The Underlying Structure of Brand Awareness Scores. Marketing Science, 14(3_supplement), G170–G179. https://doi.org/10.1287/mksc.14.3.G170

Pech, M., & Vrchota, J. (2022). The Product Customization Process in Relation to Industry 4.0 and Digitalization. Processes, 10(3), 539. https://doi.org/10.3390/pr10030539

Sidiq, R. (2021). Teknik Berjualan dengan Digital Marketing: Optimalkan Sosial Media untuk Meningkatkan Omzet Penjualanmu! - UDACODING. UDACODING. https://books.google.co.id/books?id=hZuxDwAAQBAJ

TVRI Sumatera Utara. (2022). EKONOMI KREATIF [KREASI AKRILIK PELUANG BISNIS POTENSIAL MASA KINI]. Youtube.

Winardi, S., Gunawan, Ulina, M., Iregho, R., & Sananto, M. T. (2022). Pengembangan Dan Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Web. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 192–201. https://doi.org/10.31960/caradde.v5i2.1608

Yohana F. C. P. Meilani, , Innocentius Bernarto, Margaretha P. Berlianto, & Ian N. Suryawan, R. R. M. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.