Peningkatan Penjualan Usaha Ekonomi Kreatif Akrilik Melalui Website
Abstract
Usaha kerajinan akrilik “Sekuntoem”, yang dipimpin oleh Saudari Santi di Medan, didirikan pada tahun 2021 dan dijalankan oleh satu orang. Meskipun rata-rata melayani 20 transaksi per bulan, Sekuntoem menghadapi tantangan persaingan yang mengharuskannya untuk meningkatkan brand awareness. Solusi yang disediakan adalah pengembangan website yang akan menawarkan fitur custom design bagi pelanggan. Fitur unik ini memungkinkan pelanggan untuk mendesain produk akrilik mereka sendiri. Dengan pendekatan rekayasa perangkat lunak dan paradigma prototyping, aktivitas yang terlibat meliputi identifikasi kebutuhan, pengembangan wireframe, pembangunan prototipe, pengujian, dan implementasi, juga memberikan pelatihan kepada admin untuk menggunakan modul-modul website. Pemeliharaan website akan terus dilakukan untuk memastikan keberlanjutan pengembangan di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. (2021). The Fundamental of Digital Marketing. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=tzc1EAAAQBAJ
Arnetta. (2022, March 25). 5 Alasan Pentingnya Memiliki Website untuk Bisnis. Dailysocial. https://dailysocial.id/post/pentingnya-website-untuk-bisnis
Chandra, S., Verma, S., Lim, W. M., Kumar, S., & Donthu, N. (2022). Personalization in personalized marketing: Trends and ways forward. Psychology & Marketing, 39(8), 1529–1562. https://doi.org/10.1002/mar.21670
Jussani, A. C., Vasconcellos, E. P. G. de, Wright, J. T. C., & Grisi, C. C. de H. e. (2018). Marketing internationalization: influence factors on product customization decision. RAUSP Management Journal, 53(4), 555–574. https://doi.org/10.1108/RAUSP-07-2018-0043
Klopmart. (2022, September 30). Apa Itu Akrilik? Kelebihan, Jenis-Jenis beserta Harga. Klopmart. https://www.klopmart.com/article/detail/apa-itu-akrilik
Laurent, G., Kapferer, J.-N., & Roussel, F. (1995). The Underlying Structure of Brand Awareness Scores. Marketing Science, 14(3_supplement), G170–G179. https://doi.org/10.1287/mksc.14.3.G170
Pech, M., & Vrchota, J. (2022). The Product Customization Process in Relation to Industry 4.0 and Digitalization. Processes, 10(3), 539. https://doi.org/10.3390/pr10030539
Sidiq, R. (2021). Teknik Berjualan dengan Digital Marketing: Optimalkan Sosial Media untuk Meningkatkan Omzet Penjualanmu! - UDACODING. UDACODING. https://books.google.co.id/books?id=hZuxDwAAQBAJ
TVRI Sumatera Utara. (2022). EKONOMI KREATIF [KREASI AKRILIK PELUANG BISNIS POTENSIAL MASA KINI]. Youtube.
Winardi, S., Gunawan, Ulina, M., Iregho, R., & Sananto, M. T. (2022). Pengembangan Dan Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Web. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 192–201. https://doi.org/10.31960/caradde.v5i2.1608
Yohana F. C. P. Meilani, , Innocentius Bernarto, Margaretha P. Berlianto, & Ian N. Suryawan, R. R. M. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.