Pendampingan Upaya Peningkatan Keterampilan Literasi Peserta Didik SDN Ganggangtingan dalam Implementasi Program Kampus Mengajar

Anisa Ulfah, Agnes Vivin Prismayadi, Kartika Sari, Zahra Sukma Maharani, Lutvia Nur Aini

Abstract


Keterampilan literasi peserta didik di SDN Ganggangtingan masih tergolong rendah. Keadaan tersebut sejalan dengan kondisi perpustakaan dan mading sekolah yang tidak lagi difungsikan sebagai fasilitas literasi peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian ini ialah untuk mengupayakan peningkatan keterampilan literasi peserta didik. Metode pelaksanaan dilakukan dengan tahap observasi dan analisis situasi, penyusunan rencana kegiatan dan pendampingan program, serta evaluasi kegiatan. Program pengabdian ini dilakukan mulai Februari—Juni 2023 melalui implementasi program Kampus Mengajar angkatan 5. Program pendampingan yang dilakukan meliputi (a) revitalisasi perpustakaan, (b) revitalisasi mading sekolah, (c) gerakan literasi sekolah, (d) lomba kelas bersih dan berliterasi (berseri), serta (e) pendampingan bimbingan belajar. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan nilai AKM literasi peserta didik dari 31% menjadi 76% dengan nilai 65 meningkat menjadi 85. Hal positif yang tampak pada peserta didik yaitu sikap positif peserta didik yang rajin ke perpustakaan, disiplin dalam pengisian konten mading, serta partisipasi dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti lomba kelas berseri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan dikatakan berhasil. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan tetap dilanjutkan oleh pihak sekolah sehingga tetap dapat memfasilitasi peserta didik dengan lingkungan yang mendukung terciptanya budaya berliterasi.

Keywords


gerakan literasi sekolah; kampus mengajar; revitalisasi perpustakaan; mading sekolah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Arumiyah, S., Djannah, M., & Habsy, B. A. (2018). Manfaat Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 1(2), 140–153.

Baroroh, A. Z., Yuliani, E., Arum, F., & Fuaida, E. W. (2021). Pengaruh Mading Kelas terhadap Peningkatan Budaya Literasi pada Siswa di MI/SD. Seminar Nasional PGMI 2021, 1, 763–774. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai%0APengaruh

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kemdikbud di Sekolah Dasar. Dedikasi, 1(2), 1–8.

Hasanah, M., Nirmawati, N., Dewi, N. P. P. A. T., & Marhaeni, N. H. (2023). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Pelatihan Pembuatan Majalah Dinding sebagai Media Komunikasi di SD Negeri Gungan. Room of Civil Society Development, 2(2), 161–169. https://doi.org/10.59110/rcsd.v2i2.215

Iqbal, M., Safitri, M., Habibie, M., & Faudi, N. (2024). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah : Pelatihan Meningkatkan Minat Baca Siswa di MITA Almuslimun. E-DIMAS: Education-Pengabdian kepada Masyarakat, 15(1), 136–143. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15534

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1488–1498. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458

Ni Putu Ayu Mirah Mariati, I Wayan Sudiarsa, Ni Made Sukma Sanjiwani, & Putu Angga Permana Putra. (2022). Inovasi Pembelajaran Literasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SD Negeri 15 Pemecutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1959

Pratama, E. D., Mahardika, D. A., & Andreas, R. (2022). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2, 93–102. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.43

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Ramadhanty, T., & Agustiana, H. S. (2022). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Meningkatkan Gerakan Literasi Pada Siswa Sd Islam Al Falih Kota Kediri. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4255–4262. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.2491

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 2. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Suherman. (2019). Bimbingan Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195903311986031-SUHERMAN/Bimbingan_Belajar.pdf

Ulfah, A., Huda, M., Siyatin, M. N., Salamiyah, A., Sari, N. K., & Sania, E. N. (2023). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik SDN 4 Sendangrejo Melalui Kegiatan Pendampingan di Luar Kelas. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(4), 781–793. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i4.2279

Widyasanti, A., Hermiati, F. K., Aisyah, F. N., & ... (2023). Pendampingan dan Implementasi Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD Islam Ar-Rahman, Bekasi. BERNAS: Jurnal …, 4(3), 2142–2154. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5917%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/download/5917/3290

Zatalini, S. Q., Yuliana, R., & Rosidin, O. (2023). Pembinaan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah di Kelas IVA SDN Serang 3. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2594–2607. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.19186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistics View My Stats

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:

                   

Creative Commons License

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.