Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
Abstract
Kurangnya kreativitas anak di era digital menjadi alasan utama diadakannya kegiatan menggambar dan mewarnai di TBM Bersaudara RW 07 di BSD. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak-anak agar lebih siap menghadapi tantangan zaman sekarang. Artikel ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menjelaskan proses kegiatan dan metode action research untuk merancangnya. Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini melibatkan anak-anak dalam kegiatan praktis menggambar dan mewarnai dengan panduan untuk meningkatkan kemampuan kreatif mereka. Tujuan utamanya adalah agar kegiatan ini memberikan motivasi kepada anak-anak untuk mengaktifkan kreativitas mereka lebih lanjut dan mampu mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buckingham, D., & Willett, R. (2013). Digital generations: Children, young people, and the new media. Routledge.
Cladis, A. E. (2020). A shifting paradigm: An evaluation of the pervasive effects of digital technologies on language expression, creativity, critical thinking, political discourse, and interactive processes of human communications. E-Learning and Digital Media, 17(5), 341–364.
Ershadi, M., & Winner, E. (2020). Children’s creativity. Encyclopedia of Creativity, 1, 144–147.
Herlina, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B PAUD Tunas Mawar Kecamatan Petir. Journal of Earlychildhood Education, 1(2), 71–76.
Hidayat, T., Susilaningsih, E., & Kurniawan, C. (2018). The effectiveness of enrichment test instruments design to measure students’ creative thinking skills and problem-solving. Thinking Skills and Creativity, 29, 161–169.
Laili, S. I., & Yuniarti, E. V. (2017). INFLUENCE OF FREE DRAWINGS TO IMPROVE CREATIVITY IN 5 TH GRADER CHILDREN IN MI MU’AWANAH AL-HASYIMIYAH. International Journal of Nursing and Midwifery Science, 1, 83–88.
Marhaeni, B., Septriana, I., & Suci, S. W. (2022). Fine Motor Stimulation of Children Through Coloring Activities in Early Childhood. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 51.
Mayar, F. (2022). Developing Children’s Creativity Through the Art of Crafts. 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021), 30–33.
Michalopoulou, A. (2014). Creativity expressed through drawings in early childhood education. International Journal of Education, 6(2), 69.
Mukhlis, M., Hiqmatunnisaq, N., & Barisah, B. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF. Lantanida Journal, 11(1), 96–106.
Nurjanah, N. E., & Hardiyanti, W. D. (2020). Playing through painting activities to stimulate early-childhood creativity. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–4.
Pan, C., Zhao, X., & Liu, W. (2021). On the Cultivation of Creative Thinking in Children’s Art Training Education. 2021 2nd International Conference on Computers, Information Processing and Advanced Education, 818–820.
Pratiwi, P. Y., & Budisetyani, I. W. (2013). Emosi dan Penggunaan Warna Dominan Pada Kegiatan Mewarnai Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 160–170.
Tambunan, S. S., Nahar, S., & Nasution, W. N. (2022). The Effect Of Free Drawing Ability And Emotional Intelligence On The Development Of Creativity For Children Aged 5–6 Years In Early Childhood Education Martabe Kasih, Silimabahal Village, Siborongborong District. Morfai Journal, 2, 451–456.
Timotius, dkk. (2023). Metode Menggambar dalam Melatih Motorik Anak, Jurnal Abdimas Terapan 2(2): 38-42. . https://jurnalvokasi.ung.ac.id/jat/index.php/jat/article/view/23
Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=wzsBEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=DIGITAL+PARENTING:+Bagaimana+Orang+Tua+Melindungi+Anak-anak+dari+Bahaya+Digital%3F+By+Maulidya+Ulfah,+M.+Pd.I.&ots=uvrsNvIRNV&sig=Th6VYlPzVIipz_Q73S1_5B6z0sg
Widiasih, A. P., & Astuti, A. (2021). Analisa Metode Proyek Terhadap Kreativitas Anak Di Masa Karantina Covid 19. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 32–39.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.19621
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.