Optimalisasi Pemasaran Produk Kopi Kelompok Tani Desa Gunungsari Melalui Penerapan Platform Digital
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran produk kopi dari Desa Gunungsari melalui platform digital. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan implementasi strategi pemasaran digital. Hasil menunjukkan peningkatan kehadiran online dan penjualan produk kopi sebesar 40%. Program ini menekankan efektivitas platform digital dalam meningkatkan visibilitas produk dan jangkauan pasar. Selain itu, program ini juga mengatasi keterbatasan akses informasi dan teknologi yang menjadi hambatan utama bagi kelompok tani kopi di Desa Gunungsari. Partisipasi aktif dari kelompok tani dan dukungan dari pemerintah desa sangat berperan dalam keberhasilan program ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279
Islam, E. (2023). IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam 1. 6(1), 1–21.
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
NAimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Nugroho, R., & Febrianto, G. N. (2021). Pendampingan Manajemen Usaha Dan Peningkatan Kualitas Produk Umkm Kopi Adat Segunung Carangwulung Jombang. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 1(3), 236–248. https://doi.org/10.53363/bw.v1i3.23
Okto Irianto, Henie Poerwandar Asmaningrum, Adi Maulana Rachman, & Tini Adiatma. (2023). Pemberdayaan dan Pendampingan Digitalisasi Kampung Berbasis Website Sebagai Upaya Meningkatkan Potensi Kampung. JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(2), 499–508. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i2.315
Puspitasari, N. P. D., Dhiya, A., Bahari, R., Caksono, D. N., & Mustika. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk. Jsai, 2(2), 165–171.
Riska Oktavian, & Luthfi Hadi Aminuddin. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Sepeda Eks Bike Dolopo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 333–346. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.1031
Rizquina, A. Z., & Ratnasari, C. I. (2023). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data Pada Website E-Commerce. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 377–383. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.913
Trivandi, A., Samudra, S., & Rizki, A. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Usaha Banua Jersey. BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1, 17–27. https://journal.csspublishing/index.php/business
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.19802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.