Optimalisasi Pemasaran Produk Kopi Kelompok Tani Desa Gunungsari Melalui Penerapan Platform Digital

Heru Saputro, Rochmad Winarso, Tangguh Prakoso, Budi Gunawan, Fajar Nugraha, Sri Mulyani

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran produk kopi dari Desa Gunungsari melalui platform digital. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan implementasi strategi pemasaran digital. Hasil menunjukkan peningkatan kehadiran online dan penjualan produk kopi sebesar 40%. Program ini menekankan efektivitas platform digital dalam meningkatkan visibilitas produk dan jangkauan pasar. Selain itu, program ini juga mengatasi keterbatasan akses informasi dan teknologi yang menjadi hambatan utama bagi kelompok tani kopi di Desa Gunungsari. Partisipasi aktif dari kelompok tani dan dukungan dari pemerintah desa sangat berperan dalam keberhasilan program ini.


Keywords


pemasaran digital; produk kopi; desa gunungsari; platform digital; optimalisasi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279

Islam, E. (2023). IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam 1. 6(1), 1–21.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29

NAimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Nugroho, R., & Febrianto, G. N. (2021). Pendampingan Manajemen Usaha Dan Peningkatan Kualitas Produk Umkm Kopi Adat Segunung Carangwulung Jombang. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 1(3), 236–248. https://doi.org/10.53363/bw.v1i3.23

Okto Irianto, Henie Poerwandar Asmaningrum, Adi Maulana Rachman, & Tini Adiatma. (2023). Pemberdayaan dan Pendampingan Digitalisasi Kampung Berbasis Website Sebagai Upaya Meningkatkan Potensi Kampung. JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(2), 499–508. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i2.315

Puspitasari, N. P. D., Dhiya, A., Bahari, R., Caksono, D. N., & Mustika. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk. Jsai, 2(2), 165–171.

Riska Oktavian, & Luthfi Hadi Aminuddin. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Sepeda Eks Bike Dolopo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 333–346. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.1031

Rizquina, A. Z., & Ratnasari, C. I. (2023). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data Pada Website E-Commerce. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 377–383. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.913

Trivandi, A., Samudra, S., & Rizki, A. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Usaha Banua Jersey. BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1, 17–27. https://journal.csspublishing/index.php/business




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.19802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.