Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Yayasan Al-Kamilah Depok

Yuni Hariyanti, Hesti Rosdiana, Ayunita Ajengtiyas Saputri Mashuri, Rahmasari Fahria

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui kegiatan English on Holiday (EOH) dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa dan siswi yang bernaung di bawah Yayasan Al-Kamilah Depok. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa yang selama ini dirasa kurang memadai dengan durasi pelajaran terbatas. Melalui metode pembelajaran jigsaw, siswa belajar dalam kelompok untuk menguasai dan mengajarkan bagian teks tertentu kepada siswa lainnya. Pelaksanaan kegiatan pada bulan Juli 2024 melibatkan 25 siswa SMP dan SMA/SMK. Mereka dibagi dalam kelompok untuk memahami teks tentang negara bagian Amerika Serikat dan saling berbagi informasi dalam kelompok baru. Hasilnya, metode jigsaw mendapat respon positif dan dianggap efektif dalam membantu siswa memahami teks Bahasa Inggris, mengidentifikasi ide utama, serta meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi. Namun, beberapa siswa merasa kurang terbantu dalam aspek berbicara. Secara keseluruhan, 76% peserta mendukung penggunaan metode jigsaw, meskipun perlu perhatian lebih pada siswi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara mereka.


Keywords


bahasa inggris; jigsaw; pembelajaran; persepsi

Full Text:

PDF

References


Chidlir, Y. (2023, March 2). Meningkatkan Partisipasi Siswa dengan Metode Pembelajaran Jigsaw. https://guruinovatif.id/@redaksiguruinovatif/meningkatkan-partisipasi-siswa-dengan-metode-pembelajaran-jigsaw.

Destirahmawati. (2021). Improving Students’ Vocabulary Mastery through Jigsaw Techniques in 21st Century. Journal of Educational Study, 1(2), 1–8.

Hariyanti, Y., & Purwandari, J. (2023). Penggunaan Communicative Games dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa Mts Panti Asuhan Nurul Iman. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 316–327.

Holliday, D. C. (2002). Jigsaw IV: Using Student/Teacher Concerns to Improve Jigsaw III. ERIC.

Mengduo, Q., & Xiaoling, J. (2010). Jigsaw Strategy as a Cooperative Learning Technique: Focusing on the Language Learners. Chinese Journal of Applied Linguistics, 33(4), 113–125.

Nurhasanah, A., & Suwartono, T. (2019). Increasing English Speaking Skill Through Jigsaw Cooperative Learning. Naskah tidak dipublikasikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Supeno, S., & Suseno, I. (2020). Penerapan Teknik JIGSAW untuk Meningkatkan Keterampilan Memahami Bacaan Bahasa Inggris Dengan Memperhatikan Sikap Berbahasa Siswa. DEIKSIS, 12(01), 106.

Umam, K. (2021). The Use of JIGSAW to Improve the Student’s Vocabulay for The Eight Year Students of MTs Miftahul Ulum. Pedagogika Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 22–25.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.19821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistics View My Stats

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:

                   

Creative Commons License

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.