Melek Media dalam Peningkatan Menjadi Wartawan Cilik di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh
Abstract
Kehadiran teknologi membuat anak-anak terpapar berbagai jenis konten di media konvensional maupun sosial. Tidak semua konten yang dikonsumsi memiliki nilai edukatif sehingga penting untuk melakukan pengabdian melek media. Tujuan pengabdian untuk melatih siswa sekolah dasar dalam penggunaan dan pengelolaan media. Teknologi yang mereka gunakan selain untuk mendapatkan informasi dapat digunakan untuk mempublikasikan informasi. Siswa-siswi dilatih menjadi wartawan cilik yang peka dan peduli pada isu-isu yang terjadi di sekitar mereka. Didukung dengan sekolah dasar yang sudah memadai sarana prasarana teknologi menambah dukungan untuk melakukan pengabdian berbasis digital. Pengabdian ini menggunakan metode partisipatif dimana peneliti dan narasumber terlibat langsung dalam pengabdian. Pendekatan yang digunakan adalah service learning dimana pembelajaran yang menghubungkan dengan masyarakat. Selain itu, pengabdian ini juga menggunakan strategi REACT (relating, appllying, coorperating and transferring). Strategi ini digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman belajar siswa. Dengan menerapkan konsep ini diharapkan siswa dapat menemukan solusi, memahami konsep dan masalah dalam penulisan berita. Dari hasil pengabdian yang dilakukan, didapati bahwa siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhar Cairo Banda Aceh sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Siswa dapat berkesempatan berkreativitas dan berekspresi meskipun ada tantangan dan kesulitan dalam menulis berita. Pelatihan dilakukan selama dua hari dengan mendatangkan ahli dibidang media. Siswa sudah mampu menulis straight news berdasarkan isu sekitar. Mereka juga memahami peristiwa yang bernilai berita. Mengetahui kode etik jurnalistik dasar. Mendapat dukungan dari sekolah dan keluarga. Mampu mengelola publikasi secara cetak (print) yang di tempel di mading sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Harahap, M. A. (2019). Resensi Buku: Konvergensi Media; Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Communication, 10(1). https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.881
Harsono, A. (2022). Agama Saya Adalah Jurnalisme. Kanisius.
Kamlasi, I., Sahan, A., Emanuel, U., & Wisrance, M. W. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Jurnalistik kepada Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–59.
Larasati Dyah Utami. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara - Perpustakaan Amir Machmud. Perpustakaan Amir Machmud.
Nurdin, H., & Kholil, S. (2023). Media Massa Serambi Indonesia: Antara Industri Dan Idealisme. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 14(1), 37–49. https://doi.org/10.32505/hikmah.v14i1.6200
Rahmah, H., Febriana, K. A., & Syafiie, S. S. L. (2023). Peningkatan Literasi Jurnalistik Melalui Pelatihan Penulisan Berita pada Siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 273. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.975
Ri’aeni, I., & Sulistiana, W. (2018). Industri Media Massa Lokal dalam Tinjauan Manajemen Media Ideal. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1), 86–97. https://doi.org/10.32534/jike.v1i1.51
Rohman, S. (2018). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174.
Rosita, F. Y. (2021). Pelatihan jurnalistik pada redaktur majalah sekolah Serambi Al-Muayyad. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–40.
Sudibyo, A. (2023). Bernalar Sebelum Klik: Panduan Literasi Digital (C. Gautama (ed.); Candra Gau). Kepustakaan Populer Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.20108
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.