Pelatihan Penulisan Cerita Anak Bergambar Berbasis E-Book: Transformasi Literasi Digital

Muhammad Iqbal, Widya Widya, Riza Andriani, M Rafli Al Thoriq Mustafa, Faisal Faisal

Abstract


Program "Pelatihan Penulisan Cerita Anak Bergambar Berbasis E-book" yang diinisiasi oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Timur bertujuan untuk mengatasi masalah literasi dan pelestarian budaya di Aceh Timur. Sebelum pelatihan, banyak guru yang kurang familier dengan teknik papan cerita dan alat desain, yang mengakibatkan narasi yang kurang terstruktur dan buku bergambar yang berkualitas rendah. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun cerita anak yang terstruktur dan merancang buku bergambar yang menarik dengan mengangkat budaya lokal Aceh. Metode pelatihan yang digunakan meliputi pendekatan praktis, memperkenalkan peserta pada teknik storyboarding dan perangkat lunak seperti Adobe InDesign dan Heyzine Flipbook. Evaluasi pasca-pelatihan menunjukkan kemajuan signifikan: guru berhasil membuat papan cerita dengan nilai rata-rata 8,7/10 dan mencapai nilai rata-rata keterampilan desain sebesar 8,9/10. Program ini menghasilkan 10 buku cerita anak, lima dalam format cetak dan lima dalam format e-book, yang menampilkan cerita rakyat Aceh dan budaya lokal. Keberhasilan program terletak pada fokus ganda dalam meningkatkan literasi dan melestarikan warisan budaya. Dengan mengintegrasikan teknologi digital dengan storytelling tradisional, program ini telah memperluas akses siswa ke bahan bacaan yang relevan secara budaya dan mendukung literasi digital. Dampak positif pada keterampilan guru dan keterlibatan siswa menyoroti efektivitas program dalam menangani kebutuhan pendidikan dan budaya lokal.


Keywords


papan cerita; literasi digital; pelestarian budaya

Full Text:

PDF

References


Alwi, S., & Iqbal, M. (2022). Examining Peurateb Aneuk Text As A Model For The Religious Character Building In Early Childhood. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 6(2). https://doi.org/10.30821/jcims.v6i2.12834

Alwi, S., Iqbal, M., & Safitri, M. (2023). MODERN ISLAMIC POETRY IN ACEH: T.M. Daud Gade’s Syair Rabbani Wahid in the Perspective of Islamic Educational Psychology. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 47(1), 109. https://doi.org/10.30821/miqot.v47i1.1024

Anugra, H., Yusup, P. M., & Erwina, W. (2013). Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Survei Eksplanatori Tentang Minat Baca Mahasiswa Di UPT Perpustakaan ITB. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 1(2), 137. https://doi.org/10.24198/jkip.v1i2.9980

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Arumi, E. R., & Maimunah, M. (2020). Pemanfaatan E-book Interaktif bagi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 414–419. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.3598

Caffrey, C., Lee, H., Withorn, T., Clarke, M., Castañeda, A., Macomber, K., Jackson, K. M., Eslami, J., Haas, A., Philo, T., Galoozis, E., Vermeer, W., Andora, A., & Kohn, K. P. (2022). Library instruction and information literacy 2021. Reference Services Review, 50(3/4), 271–355. https://doi.org/10.1108/RSR-09-2022-0035

Fatimah, S., & Sari, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Mendesain Buku Cerita Bergambar dengan Perangkat Lunak. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Iqbal, M., Auliana, A., Dinda Sari, D., Rahman, F., & Haekal, M. (2023). Unveiling The Linguistic Journey: Investigating Word Class Acquisition In 3-5 Year Old Children Through A Qualitative Approach. Child Education Journal, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.33086/cej.v5i1.4234

Iqbal, M., Safitri, M., Wulanda, W., Ristawati, R., Hasniyati, H., Habibi, M., & Fuadi, N. (2024). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah: Pelatihan Meningkatkan Minat Baca Siswa di MITA Almuslimun. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(1), 136–143. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15534

Kurniawan, M. W. (2021). Basic Concepts Of Internalizing National Insights In SMAN 9 Malang City. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 317–328. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5633

Kurniawan, F. (2022). Pelatihan Pembuatan E-book untuk Guru Sekolah Dasar di Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525

Nurul, D., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Pentury, H. J. (2018). Pemanfaatan Literasi TIK melalui Peran Lagu dalam Mengembangkan Kosakata Anak. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 226. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2889

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437

Rahmawati, A. D. (2021). Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pandemi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 74–84. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.209

Samsudin, M. A., Samsudi, W., Mahmudi, M., & Hasanah, H. (2023). Strategi Guru dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(2), 200–210. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i2.2674

Sandi, S., & Lubis, W. (2010). Sastra Daerah Dalam Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di. Jurnal Sastra, 477–489.

Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489–2495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1209

Tresnawati, N., Tarmidzi, & Siroj, N. (2021). Pelatihan Skill Dimention Bagi Siswa Sd Melalui Program Edukasi Literasi Konservasi Mangrove Berbasis Etnosains Di Sdn 3 Ambulu Kabupaten Cirebon. Abdimas Awang Long, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.56301/awal.v4i1.124

Withorn, T., Eslami, J., Lee, H., Clarke, M., Caffrey, C., Springfield, C., Ospina, D., Andora, A., Castañeda, A., Mitchell, A., Kimmitt, J. M., Vermeer, W., & Haas, A. (2021). Library instruction and information literacy 2020. Reference Services Review, 49(3/4), 329–418. https://doi.org/10.1108/RSR-07-2021-0046

Yang, D., Ge, Y., Sun, Y., Collins, P., Jaeggi, S. M., Xu, Y., Shea, Z. M., & Warschauer, M. (2024). Self‐regulation and comprehension in shared reading: The moderating effects of verbal interactions and E‐book discussion prompts. Child Development. https://doi.org/10.1111/cdev.14128




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.20120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.