Pengembangan dan Implementasi Virtual Tour Objek Wisata Kura-Kura Beach Kota Singkawang
Abstract
Kemajuan teknologi telah membawa perubahan besar dalam cara kita menikmati dan mengapresiasi fotografi dan pariwisata. Salah satu inovasi terkini adalah teknologi Virtual Reality (VR) 360°, yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi destinasi wisata tanpa perlu melakukan perjalanan fisik. Kura-Kura Beach, yang terletak di Desa Karimunting dekat Kota Singkawang, menawarkan keindahan pantai dan fasilitas yang lengkap. Meskipun memiliki potensi besar, hasil survei menunjukkan bahwa promosi Kura-Kura Beach masih kurang efektif, terutama dalam hal informasi visual yang komprehensif. Calon pengunjung merasa tidak yakin untuk berkunjung karena kurangnya gambaran yang jelas mengenai pengalaman di pantai tersebut. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Program Studi Sistem Informasi Universitas Tanjungpura mengusulkan pengembangan Sistem Informasi Virtual Tour berbasis web. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi VR 360° untuk memberikan visualisasi yang lebih mendalam dan menarik tentang Kura-Kura Beach, sehingga dapat meningkatkan promosi destinasi tersebut. Kegiatan PKM ini meliputi koordinasi dengan pihak terkait, pembuatan dan pengujian sistem Virtual Tour, serta sosialisasi dan pelatihan kepada pengelola pantai dan masyarakat. Evaluasi hasil menunjukkan respon positif terhadap aplikasi Virtual Tour, dengan mayoritas pengguna dan pengelola setuju bahwa sistem ini efektif dalam meningkatkan promosi pantai dan memperbaiki visualisasi destinasi wisata.
Keywords
References
Aji, S, I. (2024, August 26). Haluan Kalbar. Pesona Pantai Kura-Kura Di Singkawang Yang Menyimpan Filosofi Dan Penuh Daya Tarik. https://kalbar.harianhaluan.com/
Al-Ghiffari, M. H., Mulyono, T. T., & others. (2023). Pembuatan Virtual Tour Video 360 Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi), 4(2), 126–137.
Ardianto, O. P. S., Kristianto, T. A., Budianto, C. A., Rucitra, A. A., & Wardoyo, A. (2019). Evaluasi Media Presentasi Perancangan Interior Rumah Air Surabaya Berbasis Virtual Tour sebagai Usaha Penerapan Building Information Modelling pada Perancangan Interior. Jurnal Desain Interior, 4(1), 11–36.
Dianta, A. F., Devi, C., Sarinastiti, W., & Akbar, Z. F. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Virtual Reality Menggunakan Video 360°. POSITIF J. Sist. Dan Teknol. Inf, 9(1), 21–28.
Jayawardana, H. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12–17.
Muhammad, R., Mutiarin, D., & Damanik, J. (2021). Virtual tourism sebagai alternatif wisata saat pandemi. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 4(1), 53–60.
Natalya, M. (2023). Implementasi Virtual Tour E-Tourism Kuliner Pasar Lama Tangerang Dengan Metode Finite State Machine (FSM) Pada Karakter Tour Guide . Universitas BuddhiDharma. Banten.
Setiawan, H. C. B. (2020). Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi. PT. Berkat Mukmin Mandiri. Sidoarjo.
Wijaya, A. R., Siregar, M., & Kartika, D. (2023). Perencanaan Strategis Sistem Informasi sebagai Pendukung Optimalisasi Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar. Dirasisi, 1(1).
Yuliana, A., & Lisdianto, E. (2017). Aplikasi virtual tour sebagai media promosi objek wisata di Stone Garden kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 1(01), 19–24.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.20135
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.