Pengembangan Produk Unggulan untuk Wisata Kesehatan Berbasis Potensi Lokal: Studi Kasus di Desa Pakembinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta

Novi Siti Kussuji Indrastuti, Susetyo Hario Putero

Abstract


Kajian ini bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, peluang usaha, keterlibatan masyarakat, kemandirian masyarakat, dan pengembangan produk unggulan di Desa Wisata Kesehatan Pakembinangun.  Produk unggulan itu, antara lain sirup cabai dan bunga telang. Penguatan terhadap produk tersebut masih perlu dilakukan agar benar-benar dapat menjadi produk unggulan daerah. Untuk itu, tim PkM UGM menyelenggarakan Training for Trainer (ToT) bagi mahasiswa KKN dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Tim KKN-PPM UGM Periode 2 2023 dan 2024 mendampingi Kelompok Wanita Tani (KWT), baik dalam produksi maupun pemasaran. Pendampingan perluasan pasar dilakukan dengan memanfaatkan jejaring Kagama, seperti hotel dan instansi. Penyesuaian produksi terhadap umpan balik dari pasar melibatkan mahasiswa KKN, tim PkM UGM, pakar UGM, dan Kagama.  Pendampingan dan pelatihan pembuatan konten untuk kanal digital desa oleh mahasiswa KKN memberi peluang KWT memperluas jangkauan pasar. Sinergi tim PkM UGM dan mahasiswa KKN dengan KWT juga dilakukan terkait organisasi produksi dan penyiapan peningkatan kapasitas produksi jika permintaan pasar meningkat. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan produk unggulan berbasis potensi lokal, yakni sirup cabe dengan merek Chirella dengan variasi pedas dan sirup telang merk Rembuelang dengan variasi rasa mint. Di samping itu, melalui kegiatan ini masyarakat menjadi mampu mengoptimalisasikan pemanfaatan media sosial sehingga dapat memperluas jangkauan pasar.

Keywords


sinergi; pengembangan; produk; wisata

Full Text:

PDF

References


BKKBN. (2024). Profil Pakembinangun. Diunduh dari https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/12668/pakembinangun# (diakses 8 Oktober 2024).

BPS Kabupaten Sleman. (2022). Kecamatan Pakem Dalam Angka 2022. Sleman: BPS Kabupaten Sleman. Diunduh dari https://slemankab.bps.go.id/publication/download.html.

Caroline E., Imam Santoso, Panji Deoranto. (2021). “Pengaruh Marketing Mix (7P) dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Healthy Food Bar di Malangâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 10-19. Retrieved from https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/19055/20338.

Darmawan, I Gde Haryanta et al. (2021). “Wellness Center di Kota Denpasar dengan Pendekatan Healing Environmentâ€. Jurnal Undagi, 9(1), 134—142. Retrieved from https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/index.

Hong, Vuong Le. (2022). Healing Tourism as the “New Normal†in Tourism Industry: Through Expert’s Perspective. In Proceedings of the International Academic Conference on Tourism (INTACT) “Post Pandemic Tourism: Trends and Future Directions†(INTACT 2022) (pp. 3-9). DOI: http://dx.doi.org/10.2991/978-2-494069-73-2_2 .

Susanti, Herny. (2022). “Wellness Tourism sebagai Bentuk Adaptasi terhadap Dinamika Pariwisata Bali di Era New Normalâ€. JSU Jurnal Sosiologi USK, 16(1), Retrieved from https://doi.org/10.24815/jsu.v16i1.24744.

Susetyo Hario Putero, Novi Siti Kussuji Indrastuti, dan Rustamaji. (2022). Pengembangan Berkelanjutan Wisata Penyembuhan (Healing Tourism) di Desa Pakembinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Akhir Program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Pengembangan Desa Binaan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.20833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistics View My Stats

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:

                   

Creative Commons License

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.