Pelatihan Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal dan Teknologi Digital dalam Membangun Semangat Merdeka Belajar

Syamsuriana Basri, Pertiwi Indah Lestari, Irwan Fadli

Abstract


Pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal dan teknologi digital merupakan salah satu pembelajaran dengan mengaitkan materi dengan konteks lokal siswa dan memanfaatkan teknologi digital sebagai alat bantu pembelajaran yang inovatif. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggerakkan semangat merdeka belajar di kalangan guru, mengembangkan keterampilan guru dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks lokal dan relevan dengan kearifan lokal di lingkungan siswa, juga mengembangkan manajemen sekolah berbasis digital. Metode yang digunakan dalam keseluruhan pelatihan ini mencakup: (1) ceramah, (2) diskusi, dan (3) pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman guru tentang konsep merdeka belajar serta pengenalan fitur yang terdapat dalam platform Merdeka Mengajar rata-rata 81,05%, kemudian peningkatan pengetahuan guru dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan kearifan lokal yang ada di lingkungan siswa rata-rata 74,02%, serta peningkatan keterampilan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran yang berbasis kearifan lokal rata- rata 85,98%. Selanjutnya peningkatan pengetahuan yang memadai tentang teknologi digital dan cara efektif mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran rata-rata 83,64%, peningkatan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi digital menggunakan canva dan adobe animate dalam pembelajaran rata-rata 75,97%, dan peningkatan keterampilan memanfaatkan teknologi digital pada sistem manajemen sekolah digital sebesar 81,94%. Selain itu, sudah ada website UPT SDN 26 Binamu yaitu https://talabungungbaddo.com/ yang telah dimanfaatkan mitra. Secara keseluruhan pelatihan yang dilaksanakan melebihi dari indikator keberhasilan dan persentasi > 70%, sehingga pelatihan ini dapat dikatakan berhasil dan memberikan dampak positif bagi mitra.

Keywords


merdeka belajar; sekolah dasar; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Azzahra, Fathimah;, dan Syamsuriana Basri. 2017. “No Title.†Jurnal Ilmiah Ecosystem 17 (2): 661–69. https://journal.unibos.ac.id/eco/article/view/847.

Basri, Syamsuriana, dan Nur Amalia Akhmad. 2022. “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal.†Jurnal Jendela Pendidikan 02 (02): 164–71. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6.

Basri, Syamsuriana, dan Nur Amaliah Akhmad. 2018. “Penggunaan Metode Bermain Snakes And Ladders pada Pembelajaran IPA Fisika untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik.†Jurnal Pendidikan Fisika 6 (3): 309–23. https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1507.

Basri, Syamsuriana, Fitrawahyudi Fitrawahyudi, Khaerani Khaerani, Ince Nasrullah, Ernawati Ernawati, Aryanti Aryanti, Sri Maya, Sitti Aisyah, dan Irma Sakti. 2023. “Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva.†Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul 1 (2): 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65.

Basri, Syamsuriana, Sri Maya, dan Irsan. 2021. “The Use of Simulation and animation of Virtual Laboratory-Based Practical Learning for Science Teacher Groups.†JCES (Journal of Character Education Society 4 (4): 950–65.

Basri, Syamsuriana, Siti Syamsudduha, dan Muhammad Nur Akbar Rasyid. 2023. “Evaluasi Pemanfaatan Laboratorium Virtual pada Pembelajaran Fisika dengan Model CIPPO.†JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UMMetro 11 (2): 230–44.

Ernawati, E, P I Lestari, dan R A Nur. 2022. “Digitalisasi Pembelajaran Melalui Pendampingan Penggunaan Virtual Laboratory Berbasis Android Pada Guru SMA DDI Kabupaten Maros.†Seminar Nasional Paedagoria 2: 1–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9504%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/9504/pdf.

Fitrawahyudi, Fitrawahyudi, dan Irwan Fadli. 2021. “Toponim di Kabupaten Maros (Fokus: Terapan dalam Pendidikan Kearifan Lokal).†Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 4 (3): 684–91. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1430.

Kompasiana. 2020. “Kue Tradisional Paling Indonesia.†Kompasiana.com. 2020. https://www.kompasiana.com/primus74/5500c9efa333115373511e7e/kue-tradisional-paling-indonesia.

Maharani, Puspita Naurah, Iren Andina Rahmadani Tarigan, Nur Ain Nun, Sirrul Aulia, dan Ahmad Mukhlasin. 2024. “Peran Teknologi Informasi dalam Manajemen Organisasi Pendidikan Modern.†Philosophiamundi 2 (3): 93–105.

Reffiane, Fine, Fillia Prima Artharina, dan Tri Sugiyono. 2024. “Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Se-Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.†E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 15 (2): 423–27. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.19030.

Sakti, Abdul. 2023. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.†Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT) 2 (2): 212–19. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025.

Suhartoyo, Eko, Sitti Ainun Wailissa, Saika Jalarwati, Samsia Samsia, Surya Wati, Nur Qomariah, Elly Dayanti, et al. 2020. “Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.†Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 1 (3): 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.20931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistics View My Stats

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:

                   

Creative Commons License

E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.