Pelatihan Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal dan Teknologi Digital dalam Membangun Semangat Merdeka Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, Fathimah;, dan Syamsuriana Basri. 2017. “No Title.†Jurnal Ilmiah Ecosystem 17 (2): 661–69. https://journal.unibos.ac.id/eco/article/view/847.
Basri, Syamsuriana, dan Nur Amalia Akhmad. 2022. “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal.†Jurnal Jendela Pendidikan 02 (02): 164–71. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6.
Basri, Syamsuriana, dan Nur Amaliah Akhmad. 2018. “Penggunaan Metode Bermain Snakes And Ladders pada Pembelajaran IPA Fisika untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik.†Jurnal Pendidikan Fisika 6 (3): 309–23. https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1507.
Basri, Syamsuriana, Fitrawahyudi Fitrawahyudi, Khaerani Khaerani, Ince Nasrullah, Ernawati Ernawati, Aryanti Aryanti, Sri Maya, Sitti Aisyah, dan Irma Sakti. 2023. “Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva.†Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul 1 (2): 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65.
Basri, Syamsuriana, Sri Maya, dan Irsan. 2021. “The Use of Simulation and animation of Virtual Laboratory-Based Practical Learning for Science Teacher Groups.†JCES (Journal of Character Education Society 4 (4): 950–65.
Basri, Syamsuriana, Siti Syamsudduha, dan Muhammad Nur Akbar Rasyid. 2023. “Evaluasi Pemanfaatan Laboratorium Virtual pada Pembelajaran Fisika dengan Model CIPPO.†JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UMMetro 11 (2): 230–44.
Ernawati, E, P I Lestari, dan R A Nur. 2022. “Digitalisasi Pembelajaran Melalui Pendampingan Penggunaan Virtual Laboratory Berbasis Android Pada Guru SMA DDI Kabupaten Maros.†Seminar Nasional Paedagoria 2: 1–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9504%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/9504/pdf.
Fitrawahyudi, Fitrawahyudi, dan Irwan Fadli. 2021. “Toponim di Kabupaten Maros (Fokus: Terapan dalam Pendidikan Kearifan Lokal).†Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 4 (3): 684–91. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1430.
Kompasiana. 2020. “Kue Tradisional Paling Indonesia.†Kompasiana.com. 2020. https://www.kompasiana.com/primus74/5500c9efa333115373511e7e/kue-tradisional-paling-indonesia.
Maharani, Puspita Naurah, Iren Andina Rahmadani Tarigan, Nur Ain Nun, Sirrul Aulia, dan Ahmad Mukhlasin. 2024. “Peran Teknologi Informasi dalam Manajemen Organisasi Pendidikan Modern.†Philosophiamundi 2 (3): 93–105.
Reffiane, Fine, Fillia Prima Artharina, dan Tri Sugiyono. 2024. “Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Se-Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.†E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 15 (2): 423–27. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.19030.
Sakti, Abdul. 2023. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.†Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT) 2 (2): 212–19. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025.
Suhartoyo, Eko, Sitti Ainun Wailissa, Saika Jalarwati, Samsia Samsia, Surya Wati, Nur Qomariah, Elly Dayanti, et al. 2020. “Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.†Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 1 (3): 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.20931
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.