Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Inovasi Pembelajaran bagi Guru-guru IPA di MGMP Kabupaten Kendal
Abstract
Dalam menjalankan tugas melakukan pembelajaran, guru dituntut melakukan inovasi untuk mengembangkan potensi peserta didik sehingga menjadi individu yang dapat adaptif di era abad 21 yang penuh tantangan dan kompetitif. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merombak pendekatan konvensional yang hanya menggunakan metode seragam bagi seluruh peserta didik, diubah menjadi cara pengajaran yang lebih personal dan adaptif. Pemahaman dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi sebagai pembelajaran inovatif bagi guru-guru IPA se Kabupaten Kendal perlu ditingkatkan mengingat pembelajaran inovatif dibutuhkan di era abad 21, maka tim pengabdian Universitas PGRI semarang memberikan pelatihan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru-guru IPA se Kabupaten Kendal. Dalam hal ini tim pengabdian berkoordinasi dengan MGMP IPA Kabupaten Kendal. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi kegiatan pemberian materi pembelajaran berdiferensiasi dan pelatihan pembuatan modul ajar IPA pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya implementasi modul ajar dalam bentuk peer teaching. Keanekaragaman kebutuhan peserta didik membuat guru selalu berinovasi dalam pembelajarannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdhal, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Antusiasme Belajar Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Reciprocal Teaching. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i1.831
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351
Cockburn, A. D. (2009). Bringing enthusiasm into the mathematics classroom. Journal of Mathematics Teacher Education, 12(1), 1–5. https://doi.org/10.1007/s10857-008-9095-7
Coogle, C., & Floyd, K. (2015). Synchronous and Asynchronous Learning Environments of Rural Graduate Early Childhood Special Educators Utilizing Wimba© and Ecampus. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 173–187.
Coubergs, C., Struyven, K., Vanthournout, G., & Engels, N. (2017). Measuring teachers’ perceptions about differentiated instruction: The DI-Quest instrument and model. Studies in Educational Evaluation, 53, 41–54. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2017.02.004
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tanggerang Selatan (Ke-1). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Nicol, D. (2010). From Monologue to Dialogue: Improving Written Feedback Processes in Mass Higher Education. Assessment and Evaluation in Higher Education, 35(5), 501–517. https://doi.org/10.1080/02602931003786559
Nursamda, N. (2020). Peningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Metode Peer Teaching pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Negeri 44 Rampoang Palopo. Publikasi Pendidikan, 10(2), 177–181. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13511
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) (Cetakan I). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(Maret-April), 15928–15939.
Saugy, A. (2019). Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI (Inovatif dan Aplikatif). UM Surabaya Publishing.
Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digests, 1–7.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms - 2nd Edtion. ASCD.
Tomlinson, C. A. (2014). Classroom Responding to the Needs of All Learners 2nd Edition. ArtÃculo CientÃfico, 1–25. www.ascd.org/deskcopy.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.21208
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.