Membangun Wellbeing dalam Ekosistem Sekolah Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dengan Model Lesson Study
Abstract
Sebagai salah satu bentuk konsekuensi dalam membangun wellbeing dalam ekosistem sekolah, guru harus berorientasi, berkolaborasi, dan berupaya melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Akan tetapi, banyak guru yang belum bisa melakukan PKB, baik berupa kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah, maupun karya inovatif. Padahal, kegiatan penulisan artikel ilmiah ini adalah salah satu bentuk pengembangan diri bagi guru untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dalam mengukuhkan perannya sebagai guru profesional. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya yang lebih komprehensif untuk dapat membangkitkan semangat guru melakukan penelitian dan menuangkannya dalam bentuk artikel dengan membuat sebuah komunitas belajar yang mampu menjadi inisiasi dalam membentuk ekosistem sekolah yang mengutamakan wellbeing menuju profesionalisme guru yang lebih baik melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan model lesson study di SMP N 9 Salatiga. Melalui pelatihan ini, guru-guru tidak hanya meningkatkan kompetensi profesional mereka dalam menulis dan melakukan penelitian ilmiah, tetapi juga berhasil menerapkan praktik pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif di kelas. Secara keseluruhan, pelatihan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana peningkatan kompetensi akademik, tetapi juga sebagai fondasi penting dalam membangun kesejahteraan yang menyeluruh di sekolah, menciptakan dampak jangka panjang bagi perkembangan siswa, guru, dan komunitas sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Perception And Capability To Undertake Classroom Action Research: Basis For Capability Building Program. Undertake Classroom Action Research: Basis For Capability Building Program. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 4(1), 67–89.
Saipurrahman. (2016). Mengapa Guru Kurang Mampu Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. www.lpmpprovinsikalimantanselatan.co.id.
Sugiyono. (2006). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumaryadi, I. N. (2005). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Citra Utama.
Sunarni. (2015). Menumbuhkankembangkan Budaya Riset Dalam Mendukung Kompetensi Guru. Seminar Nasional Jurusan AP FIP UM, 2015.
Trisdiono, H. (2014). Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.
Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, Dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 518–527.
UU No. 14 Tahun 2005 (2005).
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i1.21262
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.