Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Guru-Guru di TK Islam Assa’addah Limo Depok Melalui Penggunaan “Instruction in the Class” dalam Pembelajaran dan Sumber Belajar Interaktif

Helda Jolanda Pentury

Abstract


Strategi atau teknik yang biasanya digunakan oleh guru dalam mengajar cenderung bersifat konvensional, yaitu setelah mengajarkan melafalkan kosakata secara berulang-ulang (drills), guru menjelaskan kosakata bahasa Inggris dengan menerjemahkan, yaitu memberikan padanannya dalam bahasa ibu (bahasa Indonesia). Pemanfaatan bahasa pertama (L1) bila dilakukan terlalu sering, bahkan mendominasi tidak baik atau tidak membantu siswa menguasai bahasa yang dipelajari. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menjadi model bahasa target dengan baik, yakni lebih banyak menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas. Penelitian ini untuk membantu para guru, utamanya yang tidak berlatar belakang kependidikan bahasa Inggris agar dapat meningkatkan kualitas bahasa Inggris yang digunakan di dalam kelas melalui pelatihan penggunaan bahasa kelas (classroom language). Penelitian bagi para guru di TK Limo Depok, ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penggunaan instruksi bahasa Inggris dalam pembelajaran yang interaktif dan berbagai sumber belajar oleh para guru di dalam kelas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif melalui pelatihan bagi para guru, antara lain dengan adanya kegiatan workshop.

Keywords


Kompetensi guru; instruksi bahasa Inggris; Sumber Belajar interaktif

Full Text:

PDF

References


Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. 2002. The Primary English Teacher’s Guide. England: Pearson plc.

Claire Hewlett, Hellen Ward, Judith Roden & Julie Foreman. 1988. Teaching Science in the Primary Classroom: A Practical Guide (Paperback). Paul Chapman Publishing A SAGE Publications.

Dragsten, Michael. English Classroom Expression, Yale Foreign Language Academy, Seogwipo, S. at http://englishteachingmaterials.com/classroomenglishexpressions

Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching with DVD (4th Edition). London: Longman Handbooks for Language Teachers.

Mei, Yin Yong & Yu-jing, J., (2000). From Using Games in an EFL Class for Children. Daejin University ELT Research Paper. Fall, 2000. http://english.daejin.ac.kr/~rtyson/fall2000/elt/games.html retrieved 20 February 2010 retrieved 20 February 2010.

Richard, J.C., Schmidt, R., Kendricks,H., & Kim, Y., (2002). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Lingistics. UK: Pearson Education.

Scott, A Wendy and Lisbeth H Ytewberg. 1993. Teaching English to Children. New York: Longman.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.