Pendidikan Kesehatan Bahaya Cyberbullying pada Remaja di SMPN 5 Garut

Indra Maulana, Iwan Shalahudin, Hesti Platini

Abstract


Bullying adalah tindakan negatif yang dilakukan oleh orang lain secara terus menerus atau berulang kali. Tindakan ini sering menyebabkan korban menjadi tidak berdaya, terluka secara fisik dan mental. Dalam aspek etimologis bully atau dalam bahasa Indonesia sering digunakan dalam bahasa "rundung" yang berarti mengganggu, terus-menerus mengganggu, merepotkan. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa intimidasi adalah masalah sepele, terutama jika dilakukan oleh anak-anak, beberapa orang tua menganggapnya sebagai perilaku yang wajar dari anak-anak. Cyberbullying umumnya dilakukan melalui media situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, dan Line. Cara pembulatan bervariasi, mulai dari ancaman, penghinaan, penyebaran isu-isu palsu, bahkan tidak bermoral. Ada juga yang mencuri atau meretas akun email dan/atau situs jejaring sosial milik korban, kemudian memperbarui status dengan kata-kata atau gambar yang tidak senonoh. Pendampingan dilakukan dengan pengawasan langsung dengan bekerja dengan pusat penyuluhan. media yang digunakan untuk konseling adalah infocus dan poster. Metode yang digunakan adalah melalui beberapa tahapan yaitu penentuan tema yang akan digunakan penentuan daerah sasaran, survei daerah sasaran penyusunan bahan penyuluhan rencana perluasan, izin pelaksanaan, sosialisasi program, implementasi program, dan laporan akhir.

Keywords


cyberbullying; pendidikan kesehatan; remaja

Full Text:

PDF

References


Fadhilah, L. (2019). Hubungan Antara Tekanan Teman Sebaya dengan Asertivitas Pada Siswa SMK (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Mawardah, Mutia, & Adiyanti. (2014). Regulasi Emosi dan Kelompok Teman Sebaya Perilaku Cyberbullying. Jurnal Psikologi, 41(1).

Perren, S. & Eveline utzwiller Helfenfinger. (2012). Cyberbullying and Tradistional Bullying In Adolescence: Differential Roles Of Moral Disengagement, Moral Emotions, And Moral Values. European Journal of Developmental Psychology, 9(2), 195-209.

Pratiwi, Y.R. (2018). Hubungan Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Remaja di Area Rural

Rahayu, F.S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1), 22-31.

Rifauddin, M. (2016). Fenomena cyberbullying pada remaja. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(1), 35-44.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.4214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.