Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS)

Dwi Setyawan, Rosalin Ismayoeng Gusdian

Abstract


Program Gerakan Literasi Sekoalah (GLS) di SDN 1 Sumbersari Kota Malang sudah dilaksanakan. Akan tetapi, selain belum maksimal, belum ada yang mengelola tahapan program dengan baik. Tujuan program pengabdian ini untuk memberikan pendampingan sekolah khususnya pada Tim Literasi Sekolah (TLS) dalam pengelolaan program GLS. Metode pendekatan yang digunakan adalah memberikan sosialisasi, diskusi, workshop, praktik langsung, dan evaluasi. Hasil pendampingan dapat menunjukkan; 1) terbentuknya struktur organisasi TLS, 2) Program literasi yang disusun oleh TLS mampu memberikan informasi dasar keberlangsungan dan keterlaksanaan GLS di tahap pembiasaan, pengembangan, serta pembelajaran. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa adanya pendampingan TLS program-program leterasi menjadi lebih terstruktur dan terkelola dengan baik.

Keywords


pendampingan program; tahapan literasi; tim literasi sekolah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Yulianto, B. (2017). Descriptive-analytical studies of literacy movement in Indonesia, 2003-2017. International Journal of Humanities and Cultural Studies, 4(3), 16–24. Retrieved from https://www.ijhcs.com/index.php/ijhcs/article/view/3141/2949

Antoro, B. (2017). Gerakan literasi sekolah. Dari pucuk hingga akar. https://doi.org/10.1017/S0033291700036606

Fardana, N. A., & Tairas, M. M. W. (2012). Pengembangan model parental involvement sebagai strategi stimulasi kemampuan literasi pada anak usia 4-6 tahun di wilayah pedesaan Kabupaten Gresik. INSAN, 14(03), 179–193. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-14-3-5.pdf

Hardianty, N. (2015). Nature of science : bagian penting dari literasi sains. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 2015(Snips), 441–444. Bandung.

Kemendikbud, K. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta.

Koesoma, D., Sutcipto, Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Pedoman penilaian dan evaluasi gerakan literasi nasional. Retrieved from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/pedoman-penilaian-evaluasi-gln.pdf

Laksono, K., Ratnaningdyah, P., Mukhzamilah, Choiri, M., Inayatillah, F., Subandiyah, H., & Nurlaela, L. (2016). Manual pendukung pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/358/1/Manual-Pendukung-Pelaksanaan-Gerakan-Literasi-Sekolah.pdf

Lastiningsih, N., Mutohir, T. C., Riyanto, Y., & Siswono, T. Y. E. (2017). Management of the school literacy movement (SLM) programme in indonesian junior secondary schools. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(4), 384–389.

Mubarak, H. (2017). Kontribusi USAID prioritas dalam menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah SD/MI di Kabupaten Langkat. Jurnal Kajia-Kajian Ilmu Keislaman, 7(1), 47–59. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/1372

OECD. (2018). PISA 2015 results in focus. Retrieved from http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Oghenekohwo, J. E., & Frank-Oputu, E. (2017). Literacy education and sustainable development in developing societies. International Journal of Education and Literacy Studies, 5(2), 126. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.5n.2p.126

Pantiwati, Y. (2017). Kemampuan literasi dan teknik asesmen literasi. Prosiding Seminar Nasional Biologi III 2017, (April), 28–33. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/viewFile/947/1160

Pantiwati, Y., & Husamah. (2015). Pengelolaan pembuatan soal berbasisi literasi sain. Proceeding. 6th Pedagogy Internastional Seminar, 1232–1241. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/download/525/747

Rachmawati, Muljono, P., & Sitanggang, I. S. (2017). Designing of web-based information literacy assessment system. Edulib, 7(2), 46–59. https://doi.org/10.17509/edulib.v7i2.9197.g5688

Sujianto, A. E., Zaini, Z., & Rohmah, L. (2019). Pendampingan literasi keuangan syariah penerbit cahaya abadi Tulungagung. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 116. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3559

Swain, J., & Cara, O. (2018). The role of family literacy classes in demystifying school literacies and developing closer parent–school relations. Cambridge Journal of Education, 3577, 1–21. https://doi.org/10.1080/0305764X.2018.1461809

Tantri, A. A. S., & Dewantara, P. M. (2017). Keefektifitasan budaya literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk meningkatkan minat baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204–209. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12054

Teguh, M. (2013). Gerakan literasi sekolah dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, 18–26.

Yamtim, V., & Wongwanich, S. (2014). A study of classroom sssessment literacy of primary school teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 2998–3004. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.696




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.4263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.