Pelatihan Penggunaan Chemistry Board Games dalam Pembelajaran Kimia bagi Guru-Guru SMA di Kota Samarinda
Abstract
Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran di tingkat sekolah menengah atas yang sering dianggap sulit dipahami oleh siswa. Tantangan yang sering dihadapi oleh sebagian guru kimia di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Samarinda adalah meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar kimia dan memahami konsep-konsep dalam kimia yang sebagian bersifat abstrak. Pemakaian media pembelajaran dalam pengajaran kimia menjadi salah satu solusi untuk membantu guru meningkatkan sifat positif siswa terhadap mata pelajaran. Untuk itu diperlukan pelatihan penggunaan media pembelajaran kimia interaktif agar suasana belajar yang menyenangkan dapat tercipta. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman guru kimia di kota Samarinda akan pentingnya penggunaan media pembelajaran. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan media pembelajaran kimia berupa chemistry board games. Tiga media pembelajaran yang digunakan adalah chemipoly (monopoli kimia), ular tangga kimia dan kartu unsur. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa training/pelatihan kepada guru-guru SMA tentang penggunaan chemistry board games dalam pengajaran kimia kepada siswa. Hasil yang diperoleh pada pelatihan ini adalah meningkatnya pemahaman guru kimia akan pentingnya media pembelajaran dalam kelas dan meningkatnya pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan tiga media pembelajaran dalam pengajaran kimia, khususnya pada materi tabel periodik unsur dan sifat fisik dan kimia unsur-unsur kimia. Penggunaan media pembelajaran kimia mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa SMA di kota Samarinda yang mengikuti pelatihan ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, I. (2012). New Generation Adsorbents for Water Treatment. Chemical Reviews, 112(10), 5073-5091.
Antunes, M., Pacheco, M. A. R., & Giovanela, M. (2012). Design and Implementation of an Educational Game for Teaching Chemistry in Higher Education. Journal of Chemical Education, 89(4), 517-521.
Chaib, R., & Barone, M. (2020). Chemicals in the Food Industry: Toxicological Concerns and Safe Use. Chemicals in the Food Industry.
Childs, P. E., & Sheehan, M. (2009). What's difficult about chemistry? An Irish perspective. Chemistry Education Research and Practice, 10(3), 204-218.
da Silva Júnior, J. N., Sousa Lima, M. A., Ávila Pimenta, A. T., Nunes, F. M., Monteiro, Á. C., de Sousa, U. S., . . . Winum, J.-Y. (2021). Design, implementation, and evaluation of a game-based application for aiding chemical engineering and chemistry students to review the organic reactions. Education for Chemical Engineers, 34, 106-114.
Ellis, J. W. (1994). How Are We Going To Teach Organic If the Task Force Has Its Way? Some Observations of an Organic Professor. Journal of Chemical Education, 71(5), 399.
Franco-Mariscal, A. J., Oliva-Martínez, J. M., & Almoraima Gil, M. L. (2015). Students’ Perceptions about the Use of Educational Games as a Tool for Teaching the Periodic Table of Elements at the High School Level. Journal of Chemical Education, 92(2), 278-285.
Gupta, T. (2019). Game-Based Learning in Chemistry: A Game for Chemical Nomenclature Technology Integration in Chemistry Education and Research (TICER) (Vol. 1318, pp. 65-79): American Chemical Society.
Jugreet, B. S., Suroowan, S., Rengasamy, R. R. K., & Mahomoodally, M. F. (2020). Chemistry, bioactivities, mode of action and industrial applications of essential oils. Trends in Food Science & Technology, 101, 89-105.
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 221-225.
Lombardino, J. G., & Lowe, J. A. (2004). The role of the medicinal chemist in drug discovery — then and now. Nature Reviews Drug Discovery, 3(10), 853-862.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesi, 8(2), 1-10.
Nimkar, U. (2018). Sustainable chemistry: A solution to the textile industry in a developing world. Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry, 9, 13-17.
Rastegarpour, H., & Marashi, P. (2012). The effect of card games and computer games on learning of chemistry concepts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 597-601.
Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview Journal of Turkish Science Education, 4(2), 1-20.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 127-131.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.5051
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.